PENERAPAN METODE VARIABLE COSTING DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUK SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN JANGKA PENDEK UNTUK MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA PT. LOTUS INDAH TEXTILE INDUSTRIES SURABAYA

ANIE DIAH TARAWATI, 049214059 (2000) PENERAPAN METODE VARIABLE COSTING DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUK SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN JANGKA PENDEK UNTUK MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA PT. LOTUS INDAH TEXTILE INDUSTRIES SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 16-01 Tar p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam situasi persaingan yang semakin tajam, perusahaan harus cermat dalam menerapkan strategi nntuk mengantisipasi dan menghadapi situasi tersebut. Salah satu strategi dalam membangun keunggulan bersaing adalah penetapan harga iual produk yang kompetitif diambil dengan mempertimbangkan harga pasar, kualitas dan harga pokok produk itu sendiri. Sebagai salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam penetapan hargajual, maka hal yang harus dipertimbangkan adalah metode penghitungan harga pokok produk, karena metode tersebut sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan Jangka pendek. Informasi yang diharapkan untuk menunjang hal tersebut adalah informasi biaya yang mencerminkan perilaku dari biaya itu. PT. Lotus lndah Textile Industries merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri Textile. Perusahaan ini menggunakan metode full costing dalam penghitungan harga pokoknya, yang tidak bertolak dari perilaku biaya, sehingga informasi mengenai perilaku biaya kurang tersedia dalam membantu manajemen untuk pengambilan keputusan jangka pendek. Dalam penelitian ini, pendekatan yang akan dilakukan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sedangkan tujuannya adalah untuk menganalisis penerapan metode variable costing dalam penghitungan harga pokok produk. Untuk pengambilan keputusan jangka pendek, khususnya dalam memutuskan untuk menerima atau menolak pesanan khusus, informasi yang dihasilkan oleh metode variable costing dapat mengubah keputusan yang telah dibuat oleh manajemen dan menolak pesanan khusus yang datang dan pelanggan baru bila menggunakan informasi yang dihasilkan oleh metode Full costing menjadi menerima pesanan khusus tersebut. Hal ini disebabkan besarnya harga pokok per meter kain non woven dihitung dengan menggunakan metode variable costing lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan metode full costing. PT. Lotus Indah Textile Industries sebaiknya menerapkan metode variable costing dalam menghitung harga pokok produknya agar manajemen mendapatkan informasi yang relevan dengan keputusan jangka pendek yang diambil, sehingga manajemen dapat mengambil keputusan yang tepat dan dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk kemajuan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 16-01 Tar p
Uncontrolled Keywords: DECISION MAKING; MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ANIE DIAH TARAWATI, 049214059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorELIA MUSTIKASARI, Dra., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2016 20:58
Last Modified: 16 Nov 2016 20:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45884
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item