PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT IMPLEMENTASI STRATEGI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PADA UNIVERSITAS Dr. SOETOMO DI SURABAYA

RANI WAHYUNI, 049912507 E (2004) PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT IMPLEMENTASI STRATEGI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PADA UNIVERSITAS Dr. SOETOMO DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 17-05 Wah p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Visi dan misi suatu organisasi akan tercapai apabila pelaksanaan strategi yang mengemban visi organisasi tidak hanya ditentukan oleh manajemen puncak sebagai organisator. Strategi tersebut harus melibatkan seluruh anggota organisasi, baik dari manajemen puncak sampai dengan pelaksana kegiatan operasionalnya secara langsung. Pcngukuran kinerja atas strategi-strategi organisasi baik organisasi laba maupun nirlaba harus dilakukan secara menyeluruh agar dapat mengevaluasi strategi-strategi yang telah dirumuskan secara eksplisit. Strategi-strategi tersebut mempunyai tolak ukur yang berbeda sesuai dengan kinerja yang dihasilkan. Balanced Scorecard sebagai alat penilaian kinerja yang bersifat misi dan strategi mampu memberikan penilaian kinerja yang menyeluruh dan berimbang sehingga akan meningkatkan kinerja organisasi secara komprehensif dan koheren karena Balanced Scorecard tidak hanya mengukur kinerja keuangan saja tetapi juga mengukur kinerja non-keuangan yang menjadi pemicu pengukuran kinerja keuangan tersebut. Balanced Scorecard telah berkembang menjadi sistem manajemen strategik karena Balanced Scorecard telah digunakan untuk menghasilkan berbagai proses manajemen penting sehingga antara pengembangan dan perumusan strategi dengan pelaksanaan strategi organisasi saling berkaitan. Melalui keunggulan inilah, Balanced Scorecard dapat digunakan sebagai acuan untuk menjaga eksistensi untit usaha tersebut dalam ruang lingkup usahanya sehingga tercipta daya saing yang berkelanjutan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai rancangan penelitiannya. Data-data yang digunakan adalah data primer yang berupa data-data keuangan, dan data sekunder yang berupa informasi-informasi non keuangan dan informasi lain yang bersifat strategik. Selama ini, Unitomo telah menetapkan strategi, visi dan misi organisasi dan telah disosialisasikan melalui berbagai forum. Tetapi dalam merumuskan dan menetapkan strategi belum dilaksanakan secara jelas berdasarkan visi dan misi serta tidak terkait dengan tujuan strategis Unitomo secara keseluruhan Strategi-strategi yang ditetapkan dan dirumuskan Unitomo hanya mengarahkan pada penjagaan kesinambungan atas penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan yang bermutu dan berkualitas agar dapat dilaksanakan secara konstan. Jadi bukan pada peningkatan mutu dan kualitas atas penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan di Unitomo sehingga strategi organisasi tidak dapat diterjemahkan dengan jelas. Peningkatan kinerja keuangan Unitomo tidak dapat menjadi acuan bahwa kinerja non-keuangannya juga meningkat Dan untuk meningkatkan kinerja secara komprehensif dan koheren, Unitomo memerlukan sistem pengukuran Balanced scorecard, karena Balanced Scorecard dapat menerjemahkan strategi Unitomo ke dalam ukuran kinerja keuangan maupun non-keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 17-05 Wah p
Uncontrolled Keywords: BALANCED SCORECARD; IMPROVING PERFORMANCE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RANI WAHYUNI, 049912507 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus WIdodo, Drs., M.MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2016 22:24
Last Modified: 16 Nov 2016 22:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45967
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item