PERANAN SEGMENTED REPORTING DENGAN METODE VARIABLE COSTING GUNA MEMBANTU MANAJEMEN DALAM MEMBERIKAN INFORMASI PEROLEHAN LABA PER PRODUK DI CV PUTRA PUTRI DI JOMBANG

RICHMAN GANDI, 040214590E (2010) PERANAN SEGMENTED REPORTING DENGAN METODE VARIABLE COSTING GUNA MEMBANTU MANAJEMEN DALAM MEMBERIKAN INFORMASI PEROLEHAN LABA PER PRODUK DI CV PUTRA PUTRI DI JOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-gandirichm-15955-a25410-k.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-gandirichm-13359-kkbkk2-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

CV Putra Putri adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai jenis produk mainan anak sehingga perlu membuat laporan segmentasi / segmented reporting untuk mengetahui kinerja dan tingkat profitabilitas masing-masing segmen yang dibagi berdasarkan jenis produknya yaitu sentra mainan indoor dan outdoor. Laporan segmentasi dengan metode variable costing mampu memberikan informasi kepada pihak manajemen mengenai seberapa besar kontribusi laba yang diberikan oleh tiap-tiap segmen terhadap laba keseluruhan perusahaan. Selain itu penilaian profitabilitas segmen produk juga berguna untuk merencanakan tindakan dan membuat keputusan yang berhubungan dengan eksistensi tiap-tiap segmen. Laporan segmen dengan metode variable costing dipilih karena dengan pendekatan ini perusahaan mampu melihat marjin kontribusi masing-masing segmen yang kemudian dipakai untuk menghitung marjin segmen. Dimana setelah mengetahui marjin segmen dapat diketahui pula seberapa besar kontribusi laba masing-masing segmen. Berdasarkan latar belakang di atas penulis melakukan penelitian dengan topik tentang penggunaan metode variable costing dalam penulisan laporan Laba Rugi segmen yang diharapkan mampu membantu pihak manajemen perusahaan dalam memberikan informasi mengenai kinerja tiap-tiap segmennya dalam menghasilkan laba. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan menggunakan pendekstsn studi kasus. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa perbedaan rasio marjin kontribusi tahun 2007 sampai 2008 turun sebesar 0.7% yang menunjukkan meningkatnya kontribusi laba yang dihasilkan oleh segmen Sedangkan marjin segmen pada tahun 2007 sampai 2008 meningkat sebesar 1%. Berdasarkan hasil analisa meningkatnya perolehan laba terbesar dipicu oleh kinerja segmen outdoor yang lebih besar dari sentra indoor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 254 10 Gan p
Uncontrolled Keywords: COST OF SALES ; COST ACCOUNTING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RICHMAN GANDI, 040214590EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWIDI HIDAYAT, Dr., H., SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Mar 2011 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 23:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item