PENGARUH PENERAPAN ISO 9001 TERHADAP BIAYA KUALITAS DAN PENlNGKATAN KUALlTAS PELAYANAN PADA PT. TELKOM KANDATEL SURABAYA TIMUR

TUTI INDIRAWATI, 040036985 (2002) PENGARUH PENERAPAN ISO 9001 TERHADAP BIAYA KUALITAS DAN PENlNGKATAN KUALlTAS PELAYANAN PADA PT. TELKOM KANDATEL SURABAYA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 24-03 Ind p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap perusahaan harus memiliki keunggulan kompetitif untuk dapat terus bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Agar suatu barang atau jasa dapat bersaing maka perusahaan harus mampu menghasilkan barang atau Jasa yang berkualitas tinggi yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan. Bagi perusahaan yang berorientasi pada kualitas, menghasilkan barang atau jasa yang memenuhi kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting. Kepuasan pelanggan berkaitan dengan kualitas dan untuk mcndapatkan kualitas yang tinggi diperlukan suatu sistem mutu yang baik, agar barang atau jasa yang dihasilkan sesuai dengan keinginan pelanggan schingga barang atau jasa yang dihasilkan pcrusahaan dapat bersaing, yang akhirnya memberikan keuantungan bagi perusahaan, dan semua itu dapat dicapai bmelalui penerapan sistem manajemen mutu dalam pcrusahaan. Sistem majemen mulu harus mcmenuhi keterkaitan antara keperluan dengan pelanggan yang merupakan pedoman terkoordinasi dari tindakan manusia, mesin, dan informasi untuk mencapai tujuan mutu. Standar ISO 9000 merupakan gambaran dasar-dasar sistem manajemen mutu dan merupakan pengembangan dan pembangunan sistem manajemen mutu untuk mencapai tujuan mutu perusahaan. Yang termasuk seri ISO 9000 adalah ISO 9001. Dengan menerapkan ISO 9001, perusahaan perlu menunjukkan kemampuannya menyediakan barang atau jasa yang memenuhi syarat-syarat pelanggan sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan, dan kepuasan pclanggan dapat terjadi apabila pcrusahaan dapat meningkatkan kualitas barang atau jasanya sesuai dengan yang diinginkan pelanggan. Selain itu dengan menerapkan ISO 9001, perusahaan juga dapat mengurangi atau menurunkan biaya kua1itas, karena aktivitas operasional perusahaan akan dilaksanakan sesuai dengan prosedur mutu yang telah ditetapkan sehingga akan mengurangi pemborosan, yang akhirnya dalam perusahaan ada penghematan pengeluaran. Untuk dapat mngetahui penerapan ISO 9001 dan pengaruhnya terhadap biaya kualitas dan peningkatan kualitas pelayanan, maka diadakan penelitian pada PT TELKOM Kandatel SBT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 24-03 Ind p
Uncontrolled Keywords: ISO 9001; QUALITY COST
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
TUTI INDIRAWATI, 040036985UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMUSLICH ANSHORI, Dr. H., SE., M. Sc., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 18 Nov 2016 00:24
Last Modified: 18 Nov 2016 00:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46188
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item