ANY SUDARWATI, 040037004 (2003) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI ATAS DIMENSI MUTU LAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
B 58-03 Sud a.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Rurnah sakit adalah bagian yang integral dari keseJuruhan sistem layanan kesehatan yang dikembangkan melalui rencana pembangunan kesehatan. Ditengah persaingan global yang semakin ketat adaJah sudah seharusnya, bahwa pendekatan mutu yang berorientasi pada kepuasan pelanggan menjadi strategi utama bagi organisasi layanan kesehatan di Indonesia terutama rumah sakit, agar supaya tetap eksis dan survive. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi atas dimensi mutu layanan kesehatan terhadap kepuasan konsumen unit rawat inap Rurnah Sakit Islam Surabaya. Untuk teknik analisis, maka digunakan model regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 10.0. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi atas kompetensi teknis (X1), akses terhadap pelayanan (X2) efektivitas (X3), efisiensi (X4), kontinuitas(X5), keamanan (X6), hubungan antar manusia (X7) dan kenyamanan (X8) yang diambil dari hasil rumusan Lori Di Prete Brown dkk (Djoko Wijono, 1999: 35). Sedangkan variabel tergantungnya adalah kepuasan konsumen pada unit rawat inap Rumah Sakit Islam Surabaya (Y). Data primer yang digunakan dalam penelitian ini, diperoleh dari hasil kuesioner yang diuji vatiditasnya dengan menggunakan teknik korelasi product moment, kemudian diuji reliabilitasnya dengan menggunakan koetisien alpha cronbach. Kuesioner tersebut disebarkan pada 100 responden, yakni pasien rawat inap Rumah Sakit Islam Surabaya yang telah selesai menjalani proses rawat inap dan telah dinyatakan sembuh minimal sebanyak satu kali. Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi tinier berganda sebagai berikut: Y = -1,481 + 0,618 Xl + 0,928 X2 + 0,735 X3 + 0,356 X4 + 0,629 X5 + 0,714 X6 + 0,429 X7 + 0,349 X8 Persamaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara persepsi atas dimensi mutu layanan kesehatan yang terdiri dari kompetensi teknis, akses terhadap layanan, efektivitas, efisiensi, kontinuitas, keamanan, hubungan antar manusia dan kenyamanan dengan variabel tergantung yaitu kepuasan konsurnen unit rawat inap Rurnah Sakit Islam Surabaya yang diketahui dari nilai korelasi ganda (R) sebesar 0,833. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,668 menunjukkan bahwa 66,8% kepuasan konsurnen dijelaskan oleh persepsi atas kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, efektivitas, efisiensi, kontinuitas, keamanan, hubungan antar manusia dan kenyamanan, sedangkan sisanya sebesar 33,2% disebabkan oleh sehab-sebab lain yang berasal dari luar variabel yang diamati. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara persepsi ataS dimensi mutu layanan kesehatan secara bersama-sama (simultan) terhadap kepuasan konsurnen unit rawat inap Rumah Sakit Islam Surabaya. Penelitian ini juga menggunakan uji t yang hasilnya menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara persepsi atas dimensi mutu layanan kesehatan terhadap kepuasan konsumen Unit Rawat Inap Rumah Sakit Islam Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK B 58/03 Sud a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER SATISFACTION, HOSPITAL | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2016 20:25 | ||||||
Last Modified: | 20 Nov 2016 20:25 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46313 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |