PENGARUH EKSTRAK METANOL AKAR GINSENG JAWA (Talinum paniculatum Gaertn) DAN BEBERAPA FRAKSlNYA TERHADAP MOTILITAS SPERMATOZOA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus L.),YANG DIBERI ESTROGEN

Fauzan Arisandi, 089811709 (2003) PENGARUH EKSTRAK METANOL AKAR GINSENG JAWA (Talinum paniculatum Gaertn) DAN BEBERAPA FRAKSlNYA TERHADAP MOTILITAS SPERMATOZOA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus L.),YANG DIBERI ESTROGEN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KK MPB 12 04 Ari p.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak metanol akar ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn.) dan beberapa fraksinya terhadap motilitas spermatozoa tikus putih (Rattus norvegicus L.) serta fraksi mana yang paling berpengaruh terhadap peningkatan motilitas normal spermatozoa yang ditekan oleh estrogen. Fraksinasi ekstrak metanol akar ginseng Jawa dengan kromatografi vakum cair (fasa diam silika gel). Fraksi yang diperoleh adalah fraksi n-heksan, fraksi etil asetat, dan fraksi metanol. Hewan coba yang digunakan adalah tilms putih jantan dewasa (berumur 8-9 minggu) dari jenis Rattus norvegicus L. strain Wistar sebanyak 24 ekor dengan berat badan rata-rata 178 gram dan dikelompokkan menjadi 6 kelompok perlakuan. Kelompok I (diberi akuadestilata, sebagai kontrol positif), kelompok II ( diberi estrogen, sebagai kontrol negatit), kelompok JII (diberi estrogen + ekstrak metanol akar ginseng jawa), kelompok IV (diberi estrogen + fraksi n-heksan), kelompok V (diberi estrogen + fraksi etil asetat), kelompok VI (diberi estrogen + fraksi n-metanol). Estrogen yang dipakai dalam penelitian adalah elhynilestradiol setara dengan 1 Jlgl100 gr berat badanlhari. Perlakuan diberikan per oral untuk tiap kelompok selama 20 hari. Pengamatan motilitas spermatozoa dilakukan terhadap suspensi cacahan epididimis bagian kauda dalam PBS (PhosphaTe Buffer Saline), di bawah perbesaran mikroskop l000x. Penentuan kriteria motilitas menurut WHO (1988). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANA V A satu arah dilanjutkan uji BNT dengan a= 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak metanol akar ginseng Jawa dan beberapa fraksinya dapat meningkatkan jumlah spermatozoa dengan motilitas normal pada tikus yang diberi perlakuan dengan estrogen. Peningkatan tertinggi teTjadi pada pemberian fraksi metanol. Fraksi metanol dapat. meningkatkan jumlah spermatozoa dengan motilitas normal setelah diturunkan dengan pemberian estrogen sehingga mendekati normal. Fraksi metanol merupakan fraksi yang paling berpengaruh terhadap peningkatan jumlah spermatozoa dengan motilitas normal setelah ditekan dengan pemberian estrogen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 12-04 Ari p fulltext tidak ada
Uncontrolled Keywords: Talinum paniculatum, estrogen, motilitas spermatozoa, Rattus non;egicus .
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Fauzan Arisandi, 089811709UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWi Winani,, Dra. D M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorAlfiah Hayati, Dra. ,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 20 Nov 2016 22:46
Last Modified: 20 Nov 2016 22:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46343
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item