PENGARUH RETURN ON EQUITY, PRICE TO BOOK VALUE DAN STOCK SPLIT TERHADAP LIKUIDITAS SAHAM PADA INDUSTRI KERAMIK DI BURSA EFEK JAKARTA

HERDIANA, 049812202 E (2004) PENGARUH RETURN ON EQUITY, PRICE TO BOOK VALUE DAN STOCK SPLIT TERHADAP LIKUIDITAS SAHAM PADA INDUSTRI KERAMIK DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 30-05 Her P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu indikator kinerja perusahaan publik tercermin dari likuiditas saham perusahaan yang bersangkutan. Semakin likuid saham suatu perusahaan maka dapat diduga semakin baik penilaian investor terhadap kinerja perusahaan. Sebaliknya semakin tidak likuid suatu saham, penilaian investor terhadap kinerja perusahaan semakin kurang baik, dengan demikian investor enggan berdagang pada saham yang kurang atau tidak likuid. Studi ini menekankan perhatian pada likuiditas saham dan membatasi penelitian pada faktor internal perusahaan yang berkaitan dengan kepentingan dan harapan investor. Faktor internal adalah return on equity, price to book value dan stock split. Penelitian dilakukan pada industri keramik yang secara konsisten go public mulai dari tahun 1997 sampai 2002. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on equity, price to book value dan stock split secara simultan terhadap likuiditas saham pada industri keramik di Bursa Efek Jakarta dan variabel mana yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap likuiditas saham pada industri keramik di Bursa Efek Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang sahamnya teratas pada Bursa Efek Jakarta tahun 1997-2002. Sampel dalam penelitian ini adalah saham yang termasuk dalam industri keramik, terdapat 4 perusahaan yang telah mempublikasikan laporan keuangan. Alat uji yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian statistik diperoleh bahwa return on equity, price to book value dan stock split secara simultan memiliki pengaruh terhadap likuiditas saham pada industri keramik di Bursa Efek Jakarta. Besarnya pengaruh variabel bebas secara simultan ditunjukkan oJeh nilai koefisien determinasi majemuk (R1) sebesar 0,351 yang berarti 35,1% perubahan likuiditas saham dipengaruhi oleh variabel bebas yang dimasukkan dalam model secara simultan. Secara parsial menghasilkan fakta bahwa dari tiga variabel bebas yang dimasukkan model ada satu variabel yang tidak berpengaruh terhadap likuiditas saham yaitu price to book value sedangkan dua variabel lainnya, yaitu return on equity dan stock split memiJiki pengaruh signifikan. Dari ketiga variabel diperoleh bahwa stock split memiliki pengaruh paling dominan terhadap likuiditas saham pada industri keramik di Bursa Efek Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 30-05 Her P
Uncontrolled Keywords: LIKUIDITAS SAHAM
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HERDIANA, 049812202 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDIAN AGUSTIA, Dra. MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Nov 2016 23:07
Last Modified: 21 Nov 2016 23:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46559
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item