PENDEKATAN BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR IMPLEMENTASI STRATEGI YANG KOMPREHINSIF DAN KOHERIN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PT."X" DI SIDOARJO

ERNA YULIANTI, 049611163 E (2002) PENDEKATAN BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR IMPLEMENTASI STRATEGI YANG KOMPREHINSIF DAN KOHERIN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PT."X" DI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 106-03 YUL P.pdf

Download (181kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan yang cepat dalam bidang teknologi infOrmasi mensyaratkan perusahaan mempunyai perencanaan strdtegik berdasarkan kompetensi inti yang dimilikinya untuk mencapai kinerja keuangan yang berjangka panjang, Untuk itu perusahaan memerlukan rerangka yang menyeluruh dan seimbang dalam mencapai tujuannya, Pada tahap perkembangannnya yang terkini Balanced Scorecard bukan saja sebagai alat pengukuran kinerja yang bersifut menyeluruh dan seimbang akan tetapi Balanced Scorecard dapat digunakan sebagai pendekatan untuk perencanaan strategik yang komprehensif dan koheren. Dalam perencanaan strategik, Balanced Scorecard mampu menerjemahkan strategi pilihan untuk mewujudkan tujuan dan visi perusahaan ke dalam sasaran-sasaran strategik yang komprehensif dan koheren melalui empat perspektifnya yaitu, keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta perspektif belajar dan bertumbuh. Dalam tahap perencanaan strategik ini pula dipilih inisiatif-inisiatif strategik untuk mewujudkan sasaran-sasaran strategik padaBalanced Scorecard. Untuk mengetahui penggunaan Balanced Scorecard sebagai pendekatan untuk perencanaan strategik yang komprehensif dan koheren, maka dalam penulisan skripsi ini diadakan penelitian pada perusahaan rokok PT. "X" yang ada di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus deskriptif sebagai rancangan penelitiannya. Data-data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang berupa laporan keuanl,'lIIJ dan informasi-informasi non keuangan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa PT. "X" sudah mempunyai visi, misi dan strategi akan tetapi dalam visi, misi dan strategi tersebut tidak dikomunikasikan ke seluruh lapisan perusahaan hal ini mengakibatkan tidak adanya komitrnen dan seluruh karyawan terhadap implementasi rene ana laba jangka panjang perusahaan. Selain itu, PT. "X" hanya menggunakan ukuran keuangan dalam menilai kinerjanya. Kedua hal tersebut menghambat pencapaian keberhasilan yang berjangka panjang bagi perusahaan karena tidak ada kekomprehensifan, kekoherenan dan keseimbangan perencanaan yang dihasilkan oleh perusahaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis memberikan solusi pendekatan Balanced Scorecard untuk perencanaan strategik yang komprehensif dan koheren dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan rokok PT. "X" di Sidoarjo,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
ERNA YULIANTI, 049611163 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 22 Nov 2016 22:01
Last Modified: 15 Jun 2017 19:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46729
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item