BALANCE SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENILAIAN KINERJA PADA PT. LEDERCO PRIMA KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF

ERLANGGHA K KUSUMA, 049916379 (2004) BALANCE SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENILAIAN KINERJA PADA PT. LEDERCO PRIMA KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 201-04 KUS B.pdf

Download (256kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan pada hakikatnya merupakan organisasi yang meniti kegiatan rutinnya bagi kepentingan semua stakeholders, seperti : pemegang saham, kreditur, karyawan, pemerintah, dan pelanggan. Implikasinya, perusahaan harus terus mencerrnati visi dan dampak dari setiap aktivitas yang dijalankan bagi setiap stakeholders tersebut. Perusahaan untuk menghadapi lingkungan bisinis yang makin turbulen dibutuhkan perencanaan strategis agar tetap eksis dan ballkan unggul dalam persaingan. Balance scorecard memberikan kerangka kerja dan berpikir yang integratif bagi manajemen dan stakeholders lain untuk mengendalikan perubahanperubahan penting secara organisasional dalam dinamika persaingan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang implementasi balance scorecard sebagai alat pengukur kinerja manajemen, untuk mengetahui visi, misi dan analisa SWOT pada PT. Lederco Prima Kimia, untuk mengetahui program kerja dan uraian kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai visi perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana prosedur pengumpulan data dilakukan melalui survei pendahuluan, survei lapangan dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui pengumpulan data, menganalisis data yang telah dikumpulkan, pemecahan masalah dengan balance scorecard dan menarik simpulan dan saran. HasH penelitian menunjukkan bahwa penerapan balance scorecard pada PT Lederco Prima Kimia didukung oleh beberapa faktor, yaitu : ad~.nya visi, dan misi yang jelas dan mudah d;pahami serta dituangkan dalam konsep-konsep strategi yang gambling. Kedua, adanya struktur organisasi yang memtmgkirlkan adanya komunikasi yang efektif diantara seluruh individu dalam organisasi. Ketiga, kondisi persaingan yang semakin meningkat mendorong peru~ahaan untuk senantiasa merumuskan dan dan mengevaluasi secara terus menerus strategi usahanya untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Terakhir, komposisi sumber daya manusia di PT Lederco Prima Kimia yang sebagian besar berusia relatif muda dan berpendidikan sarjana memungkirlkan adanya dinamika dan progresivitas proses manajemen. Saran yang dapat diberikan yaitu menerapkan balance scorecard untuk menghadapai persaingan yang semakin kompetitif, karena balanced sorecard merupakan alat yang tepat untuk pengukuran kinerja dimana balance scorecard memberikan infomlasi tentang keberhasilan strategi dan operasi bisnis perusahaan secara komprehensif, bukan hanya dari aspek keuangan, namun juga seluruh aspek yang terlibat dan berpengaruh secara signifikan terhadap proses bisnis secara keseluruhan. Karakteristik instrumen pengukuran kinerja seperti i ni dapat ditemukan pada konsep balance scorecard.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 201/04 Kus b
Uncontrolled Keywords: BALANCE SCORECARD, ACCOUNTING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ERLANGGHA K KUSUMA, 049916379UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantHAMIDAH,, Drs. HJ., MSi .Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 22 Nov 2016 22:22
Last Modified: 15 Jun 2017 19:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46742
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item