DUKUNGAN SOSIAL PADA IBU DARI ANAK DENGAN DOWN SYNDROMEDI PUSAT LAYANAN PENDIDIKAN SYNERGY CHILDREN CENTER

AFNIA KHUSNAFIAH, 110810180 (2016) DUKUNGAN SOSIAL PADA IBU DARI ANAK DENGAN DOWN SYNDROMEDI PUSAT LAYANAN PENDIDIKAN SYNERGY CHILDREN CENTER. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PSI.104-16 Khu d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk dukungan sosial pada ibu yang memiliki anak sindrom down. Menurut Gottlieb, dukungan sosial ialah sumber-sumber sosial yang dianggap tersedia atau benar-benar diberikan kepada mereka oleh non profesional baik dalam konteks kelompok dukungan formal dan hubungan bantuan informal. Sumber dukungan sosial didapat dari orang-orang terdekat seperti keluarga, suami, teman, dan tetangga. Ada empat dimensi dari dukungan sosial yaitu dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasi, dan dukungan kelompok. Penelitian ini dilakukan pada ibu yang memiliki anak Down Syndrome di pusat layanan pendidikan Synergy Children Center yang berada di kota Tulungagung. Jumlah partisipan pada penelitian ini sebanyak tiga orang ibu. Alat pengumpul data berupa wawancara dan observasi.Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa partisipan mendapatkan dukungan sosial dari orang-orang disekitarnya. Beban yang ditanggung partisipan dalam mengasuh anak penyandang Down Syndromemenjadi lebih ringan dengan adanya dukungan sosial yang diberikan orang-orang terdekat. Setiap partisipan mendapatkan dimensi dukungan sosial yang berbeda-beda. Tidak semua dimensi dukungan sosial diterima oleh partisipan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.104/15 Khu d
Uncontrolled Keywords: Down Syndrome, dukungan sosial
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
AFNIA KHUSNAFIAH, 110810180UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Ainy Fardana Nawangsari, Dr., M.Si., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 22 Nov 2016 23:37
Last Modified: 22 Nov 2016 23:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46780
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item