JOKO FERY SUSANTO, 049314399
(2000)
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PENGGUNA ATM BCA DI BCA CABANG MADIUN.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Ketanggapan pelayanan terhadap fasilitas ATM yang diberikan dan profesionalisme merupakan dimensi mutu yang sangat penting dalam menentukan kepuasan pelanggan (nasabah) secara menyeluruh. Dalam kaitan ini sangat diperlukan kegiatan penelitian terhadap kepuasan nasabah sebagai pengguna ATM. Kegiatan penelitian ini sangat diperlukan agar bank dapat terus maju dan berkembang.
Perubah bebas (variabel) yang digunakan dalam penelitian ini adalah persyaratan mudah, banyak kegunaan, kelancaran mesin ATM BCA, ketepatan saldo rekening ATM BCA, keamanan dalam pengambilan uang tunai melalui ATM BCA, dan lokasi penempatan mesin ATM BCA strategis. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh faktor persyaratan mudah, banyak kegunaan, kelancaran mesin ATM BCA, ketepatan saldo rekening ATM BCA, keamanan dalam pengambilan uang tunai melalui ATM BCA, dan lokasi penempatan mesin ATM BCA strategis terhadap kepuasan nasabah pengguna ATM BCA di BCA Cabang Madiun, serta untuk mengetahui faktor apa yang berpengaruh paling dominan.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh daTi hasH wawancara maupun dari hasil penyebaran kuisioner kepada nasabah pengguna ATM BCA di BCA Cabang Madiun. Pengolahan dan pemrosesan data dilakukan dengan menggunakan komputer program microstat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktorwfaktor persyaratan mudah, banyak kegunaan, kelancaran mesin ATM BCA, ketepatan saldo rekening ATM BCA, keamanan dalam pengambilan uang tunai melalui ATM BCA, dan lokasi penempatan mesin A TM BCA strategis secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna. Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan nasabah pengguna ATM BCA di Madiun adalah faktor lokasi penempatan mesin ATM BCA yang strategis.
Actions (login required)
|
View Item |