PENERAPAN ENTERPRISE CONCEPT DAN LAPORAN NILAI TAMBAH SEBAGAI SUPLEMEN LAPORAN KEUANGAN KONVENSIONAL DALAM MENILAI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN KEPADA STAKEHOLDERS (STUDI KASUS PADA PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk.)

DIAN AMALIA, 049836245 (2000) PENERAPAN ENTERPRISE CONCEPT DAN LAPORAN NILAI TAMBAH SEBAGAI SUPLEMEN LAPORAN KEUANGAN KONVENSIONAL DALAM MENILAI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN KEPADA STAKEHOLDERS (STUDI KASUS PADA PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 62-01 AMA P.pdf

Download (711kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), adalah suatu kondisi yang ideal apabila PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. menyusun inforrnasi akuntansinya berdasarkan sudut pandang enterprise concept, yang dalam hal ini berbentuk laporan nilai tambah disusun dengan cara memodifikasi laporan laba rugi konvensional. Dengan demikian data-data yang diperlukan untuk penyusunan laporan nilai tambah ini dapat diambil dari data-data yang digunakan untuk men:yusun laporan keuangan konvensional. Mengacu pada value added concept, maka data yang ada diklasifikasikan menjadi pendapatan, penge1uaran-pengeluaran yang termasuk pembelian bahan dan jasa luar dan penyusuran untuk menciptakan nilai tambah dan pengeluaran-pengeluaran yang merupakan unsur distribusi nilai tambah. Penelitian ini lebih menekankan untuk mengetahui makna daTi suatu fenomena melalui observasi dan berusaha untuk memahami tentang apa yang sedang diobservasi sehingga pendekaran penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif matematis dengan metode studi kasus. Dalam hubungannya dengan penilaian tanggung jawab sosial perusahaan, maka alat analisa yang digunakan adaJah rasio distribusi niIai tambab. Dan dari hasil analisa terhadap laporan nilai tambah perusabaan, disimpuIkan bahwa rasio distribusi niIai tambah PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.menunjukkan proporsi yang seimbang, dalam artj bahwa masing-masing pihak telah mendapatkan bagian kekayaan sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing penyerta daIam penciptaan kekayaan itu sendiri, yang dalam hal ini adalah nilai tambah. Kata kunci: enterprise concept, laporan nilal tambah, value added concept, rasio distribusi nitai tambah, tanggungjawab sosiaI perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK. 62-01 Ama p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: enterprise concept, laporan nilal tambah, value added concept, rasio distribusi nitai tambah, tanggungjawab sosiaI perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DIAN AMALIA, 049836245UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHARIATI HAMZENS, Dra.Ec.Hj.,AKUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Nov 2016 23:20
Last Modified: 18 Jun 2017 18:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46959
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item