AUDIT MANAJEMEN PADA FUNGSI SUMBERDAYA MANUSIA SEBAGAI SARANA PENINGKATAN EFEKTInTAS KINERJA PERUSAHAAN STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM JOMBANG

SHANTI EKA VIANTI SAROSO, 049916323 (2004) AUDIT MANAJEMEN PADA FUNGSI SUMBERDAYA MANUSIA SEBAGAI SARANA PENINGKATAN EFEKTInTAS KINERJA PERUSAHAAN STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM JOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 207-04 SAR A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan Oaerah Air Minum Jombang sebagai BUMO (Badan Usaha Milik Oaerah) harus menerapkan Good Governance dalam manajemennya yang difokuskan pada aspek responsif pegawai, karena sumber daya manusia memegang peranan yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Agar fungsi SOM dapat secara total mendukung efektifitas kinerja perusahaan, maka perlu diadakan suatu audit manajemen. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan suatu masalah "Bagaimana peranan audit manajemen pada fungsi SOM Perusahaan Oaerah Air Minum Jombang dalam meningkatkan efektifitas kinerja perusahaan?" Audit manajemen adalah alat bantu untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang terjadi pada fungsi SOM agar pihak manajemen SOM dapat meminimalkan dan melakukan perbaikan supaya mendukung terjadinya keefektifan kinerja perusahaan. Tolak ukur efektifitas kerja yang dipakai adalah produktifitas, seman gat kerja, dan kepuasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Analisa data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data yang dilanjutkan dengan melakukan analisa dengan membandingkan antara kenyataan, teori dan standar yang telah ditetapkan perusahaan. Oari hasH penelitian dapat disimpulkan bahwa fungsi SOM pada POAM Jombang telah berjalan walaupun masih terdapat kelemahan-kelemahan yang diakibatkan terutama oleh karena peraturan yang diterapkan pada POAM Jombang sudah tidak up to date dalam memenuhi kebutuhan BUMO untuk bersaing badan usaha milik swasta., terutama pada struktur organisasi yang menempatkan fungsi ini di bawah bagian umum serta kurangnya adiInya kompensasi kerja yang diberikan perusahaan. Adapun rekomendasi yang dapat dilakukan adalah merubah peraturan perusahaan, terutama struktur organisasi agar fungsi SOM berada pada bag ian sendiri, terpisah dari bagian umum. Untuk kompensasi kerja, hendaknya diberikan atas dasar prestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 207/04 Sar a
Uncontrolled Keywords: HUMAN RESOURCES, AUDITING, ACCOUNTING
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
SHANTI EKA VIANTI SAROSO, 049916323UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantWIDI HIDAYAT, Drs. , M.Si, AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 24 Nov 2016 21:13
Last Modified: 05 Jun 2017 22:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47038
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item