HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL SIGNIFICANT OTHERS DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XII SMA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR

Indra Mulya, 110810266 (2016) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL SIGNIFICANT OTHERS DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XII SMA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PSI.119-16 Mul h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada siswa SMA yang mengikuti bimbingan belajar. Dukungan sosial ialah hubungan interpersonal yang didalamnya berisi pemberian yang melibatkan aspek yang terdiri dari informasi, perhatian emosional, penghargaan dan bantuan instrumental yang diperoleh individu melalui interaksi dengan lingkungan (House, dalam Brugha, 1995). Motivasi berprestasi merupakan keinginan atau dorongan untuk mengatasi hambatan, melatih kekuatan, dan berusaha untuk melakukan suatu pekerjaan yang sulit dengan cara yang baik dan secepat mungkin (Atkinson, dalam Djaali, 2007). Subjek penelitian ini merupakan 41 siswa SMA yang mengikuti bimbingan belajar di wilayah Surabaya Pusat. Penulis membuat kuesioner berdasarkan teori J. S. House untuk kuesioner mengenai dukungan sosial sebanyak 45 butir. Teori dari John W. Atkinson untuk kuesioner tentang motivasi berprestasi dengan jumlah item sebanyak 59 butir. Reliabilitas skala dukungan sosial sebesar 0,923 dan untuk reliabilitas skala motivasi berprestasi sebesar 0,942. Analisis data menggunakan teknik statistik korelasi product moment, dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows didapatkan nilai korelasi dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada siswa SMA yang mengikuti bimbingan belajar sebesar 0,664 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada siswa SMA yang mengikuti bimbingan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.119/16 Mul h
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, motivasi berprestasi, bimbingan belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Indra Mulya, 110810266UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPramesti Pradna Paramita, M.Ed.Psych., PsikologUNSPECIFIED
Thesis advisorVeronika Suprapti, Dra., M.S.Ed., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 27 Nov 2016 16:37
Last Modified: 27 Nov 2016 16:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47168
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item