STRUKTUR DAN KOMUNlKASI DALAM KEEFEKTIFAN ORGANISASI ( Studi Tentang Hubungan Variabel Variabel Kompleksitas Struktur organisasi, komunikasi dan Keefektifan Organisasi di P.T. (Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak)

MUHAMMAD JUMANTORO, o792J3657 (1997) STRUKTUR DAN KOMUNlKASI DALAM KEEFEKTIFAN ORGANISASI ( Studi Tentang Hubungan Variabel Variabel Kompleksitas Struktur organisasi, komunikasi dan Keefektifan Organisasi di P.T. (Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS AN 108-97 JUM S.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelabuhan Tanjung Perak sebagai pintu gerbang transportasi laut, memasuki era perdagangan bebas ini memiliki peran yang semakin tinggi. Peningkatan kualitas pelayanan, ditinjau dari segi biaya maupun waktu, oleh badan usaha pengelola sudah merupakan suatu hal yang harus diupayakan lebih baik lagi. Dan yang juga terpenting adalah badan usaha tersebut, dalam hal ini PT. (Persero)Pelabuhan Indonesia III Tanjung Perak, juga harus mengupayakan pencapaian misi yang diembankan oleh pemerintah selaku pemilik perusahaan yaitu pelayanan yang baik dan menghasilkan keuntungan. Kenyataannya, misi yang diemban tersebut masih belum dapat terlaksana sepenuhnya. Meski sebetulnya banyak faktOl' yang mempengaruhi hal tersebut, pandangan yang melekat di masyarakat, dalam menggamba.'kan penyebabnya, te,'hadap BUMN seperti PT. (Persero) Pelabuhan Tanjung Perak dan BUMN lainnya adalah digambarkan memi liki tubuh yang gemuk dan besar sehingga pergerakannya pun menjadi lamban atau kurang 1incah. Tubuh suatu organisasi biasanya bisa dilihat dari bentuk struktur organisasi yang langsung maupun tidak langsung menggambarkan tinggi-rendahnya kompleksitas dari organisasi yang bersangkutan. Kompleksitas tersebut merupakan hasi1 dari pembagian dan pengelompokkan kerja ke dalam unit-unit yang lebih kecil. Semakin banyak unit kerja yang ada, semakir. tinggi kompleksitas organisasi yang bersangkutan. Mesk i terpisah, dalam kerja sama dipeerlukan adanya jembatan yang menghubungkan antar uni tunit kerja yang ada, yaitu komunikasi. Berangkat dari hal-hal tersebut di ataslah penelitian ini dilaksanakan. Hasil yang didapat dari lapangan dengan menggunakan analisa tabel silang dan teknik statistik dari Kendall, yaitu Frank-Kendall dan Parsial Kendall ditemukan adanya kOt'elasi yang signifikan antara vat'iabelvariabel yang digunakan, seperti telah disinggung di awal, yaitu Keefektifan oganisasi dan Kompleksitas Struktur Organisasi (X) dan Kemunikasi (Zl. Dari koeiisien korelasi yang sudah diperhitungkan Crxy, '1zy dan 'r :<,,) secara ber'turut -0,324 yang hubungar. anta.'variabelnya bersifat negatif; Of302 yang hubungan antarvariabelnya bersifat positif; dan -0,161 yang hubungan antara fariabe1nya bersifat negatif. Dari koefisien--koefisien Korelasi diketahui juga d i temukan bahwa variabe1 komunikasi berfungsi sebagai variabel antara dalam hubungan variabel kompleksitas (X) dan keefektifan (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 108-97 JUM S
Uncontrolled Keywords: ORGANISASI - KOMUNIKASI
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD JUMANTORO, o792J3657UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoenjoto Rais, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 27 Nov 2016 18:17
Last Modified: 13 Jun 2017 18:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47186
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item