KERAGAMAN MAKANAN KELUARGA NELAYAN ( DI Wilayah Sukolilo Kel. Sukolilo. Kec. Kenjeran Kodya Surabaya )

Eka Ursula Damayanti, 079012878 (1997) KERAGAMAN MAKANAN KELUARGA NELAYAN ( DI Wilayah Sukolilo Kel. Sukolilo. Kec. Kenjeran Kodya Surabaya ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS AN 135-98 DAM L.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap orang sehari-hari adalah kebutuhan pangan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang mendasar dalam kehidupan manusia mulai bayi sampai orang tua. Dalam pemenuhan kebutuhan ini terdapat beberapa faktor yang turut mempengaruhinya antara lain faktor aosial-budaya dan ekonomi. Faktor yang disebut terakhir berhubungan dengan daya beli seseorang terhadap keragaman jenis makanan. Begitu pula dengan orang yang bermata pencaharian sebagai nelayan (menangkap ikan) , di mana pendapatan yang mereka peroleh bersifat harian dan sangat tergantung pada musim sehingga penghasilan mereka dapat dikatakan tidak menentu, yang akhirnya akan berpengaruh pula pada makanan yang dlkonsumsinya. Dengan demikian keragaman jenis makanan yang dipilih untuk dikonsumsi sehari-hari di samping sangat dipengaruhi oleh pendapatan nelayan, juga berkaitan dengan aspek kemudahan untuk memperoleh jenis-jenis makanan yang dikehendaki dan bergantung pada lingkungan terdekat. Dalam keluarga nelayan Sukolilo, peranan ibu sangat besar dalam pemenuhan kebutuhan makan keluarga seharihari mulai dari pemilihan bahan makanan sampai uaaha usaha yang dilakukan apabila nelayan tidak melaut yang berarti mereka tidak menerima pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 135-98 DAM L
Uncontrolled Keywords: MAKANAN - ASPEK SOSIAL
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Eka Ursula Damayanti, 079012878UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Budlono, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 27 Nov 2016 19:10
Last Modified: 13 Jun 2017 18:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47196
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item