COST-VOLUME-PROFIT ANALYSIS DAN ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PERENCANAAN LABA DI PT "X" SURABAYA

RAKA PERDANA, 049811898 E (2004) COST-VOLUME-PROFIT ANALYSIS DAN ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PERENCANAAN LABA DI PT "X" SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 150-04 Per c.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT "X" yang berkedudukan di Pandaan dengan hasil produksi berupa kain cotton, rayon, cotton Iicra, rayon Iicra, cotton rayon, selama ini menggunakan teknik yang masih sederhana dalam melakukan perencanaan laba. Mereka merencanakan peningkatan laba dengan jalan menjual lebih banyak karena mereka berpikiran bahwa dengan menjual lebih banyak maka laba yang diperoleh akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penjualan tersebut. Skripsi ini berusaha untuk mengangkat pennasalahan ini melalui penerapan cost-volumeprofit analysis dan activity based costing untuk memperbaiki perencanaan laba yang selama ini dilakukan pihak manajemen PT "~', sebingga dengan analisis tersebut diharapkan dapat diketahui komposisi penjualan produk yang tepat agar dapat memberi kontribusi laba yang optimal. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan melakukan survey pendahuluan untuk mencari dan merumuskan masalah, juga melakukan stodi kepustakaan dalam mendapatkan pemecahannya. Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif PT "X" melalui dokumentasi. Setelah memperoleh data yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis dan pengolahan terhadap data serta melakukan pembandingan dengan landasan teori yang diperoleh sehingga akan semakin mempeIjelas penerapan CVP analysis tersebut dengan masalah yang dihadapi pihak manajemen PT "X". Dari hasil pengolahan data ditarik suatu kesimpulan bahwa cost-volumeprofit analysis dapat memperbaiki perencanaan laba PT "X" di mana pendekatan activity based costing mengarahkan kepada optimalisasi perencanaan laba dan tindakan atas pengambilan keputusan yang benar. Saran yang diberikan kepada pihak manajemen adalah untuk menggunakan data yang sudah ada untuk melakukan cost-volume-profit analysis dengan pendekatan activity based costing, mengambil keputusan yang berbeda terhadap kondisi,yang berbeda untuk optimalisasi laba dan memperhatikan perubahan volume penjualan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cost -volume -profit analysis, activity based costing dan perencanaan laba.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
RAKA PERDANA, 049811898 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 28 Nov 2016 22:25
Last Modified: 28 Nov 2016 22:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47362
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item