ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN OPERASIONAL PT. BARINDO DI SURABAYA

MEINAR WIDHAYATI, 049812167E (2004) ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN OPERASIONAL PT. BARINDO DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 140-04 WID A.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia merupakan sumber yang sangat vital bagi setiap perusahaan. Para individu-individu dalam perusahaan harus bertindak dalam rangka keljasama dengan pihak yang mengkoordinasi, mengarahkan dan melaksanakan aktivitas-aktivitas perusahan. Dalam kcnyataannya, para pcmimpin dapat mempengaruhi moral dan kepuasan kerja, keamanan. kualitas kehidupan kerJa dan terutama kinerja dan tingkat prestasi suatu organisasi. Para pemimpin juga memainkan peranan-peranan kritis dalam membantu kelompok, organisasi atau masyarakat untuk mencapai tujuan mereka. Pada karyawan bagian operasional PT. Barindo cukup banyak masalah eksternal dan internal yang muncul yang mempengaruhi kinerja mereka. Seorang karyawan memiliki kinerja yang tinggi dan baik dapat menunjang tercapainya tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Untuk dapal memiliki kinerja yang tinggi dan baik, seorang karyawan dalam melaksanakan pekerjaanya harus memiliki ketrampilan dan keahlian yang sesuai dengan pekerjaan yang ditekuninya oleh karena itu peran pemimpin sangat penting untuk membangun kinerja yang tinggi dan pemimpin yang efektif akan berusaha menyesuaikan gayanya dengan tingkat kematangan bawahannya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan sensus. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis koetisien determinasi. Uji statisliknya adalah uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara kesesuaian gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, dimana persamaan regresi linear sederhana yaitu : Y = 5,962 + 2,327 (X) Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh kesesuaian gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan hubungan secara simultan dihasilkan koefisien determinasi dad data yang ada menunjukkan bahwa hubungan antara variabel kesesuaian gaya kepemimpinan (X) secara keseluruhan dengan variabel kinerja karyawan (Y) adalah sangat kuat. Dan hasil perhitungan t hitung sebesar 9,102 lebih besar dari nilai tlable yaitu sebesar 2,048, dimana hal ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kesesuaian gaya kepemimpinan (X) berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y). Sedangkan untuk menunjukkan hubungan kedua variabel tersebut sangat kuat menggunakan R2 sebesar 0,747.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 140/04 Wid a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: LEADERSHIP, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MEINAR WIDHAYATI, 049812167EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPRAPTINI YULIANTI, Dra., Ec., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 29 Nov 2016 21:01
Last Modified: 15 Jun 2017 19:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item