MEITY MEISELANI, 049812201E
(2004)
ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN MENGAKSES SEBUAH SITUS TERHADAP SITE BRAND LOYALTY (KASUS PADA PLASA.COM).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Dengan semakin majunya kecanggihan teknologi dewasa ini telah memberikan dampak yang besar terhadap cara perusahaan untuk: mengembangkan cara berkomunikasi dengan para konsumen (Baker, Buttery & Ritcer-Buttery, 1998 dalam Holland & Baker, 2001; 2). Kemunculan internet sebagai salah satu alat dalam berkomunikasi telah menjadi perhatian para pemasar untuk dapat memasarkan produk mereka. Para pemasar sadar bahwa menciptakan lingkungan online yang baik akan memberikan beberapa dampak yang positif kepada perusahaan (Novak, Hoffinan & Yung, 2000; 22). Salah satunya dengan cara menciptakan sebuah web disain yang artistik yang dapat memancing perhatian pengguna internet yang mengakses situs perusahaan tersebut. Penerapan dimensi sense dari experiential marketing ini diharapkan mampu untuk membuat pengakses situs dapat betah untuk berlama-lama dan lebih dalam menjelajah internet melalui situs tersebut dengan harapan pengakses situs akan melakukan pengaksesan ulang dan akhirnya akan menjadi loyal, karena sebaik apapun desain sebuah situs tetapi jika tidak diikuti oleh loyalitas, maka tidak akan ada artinya (Reichheld & Schefter, 2000; 106).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengalaman mengakses sebuah situs mempunyai pengaruh terhadap Site Brand Loyalty. Variabelvariabel yang digunakan adalah Arousal, Challenge, Control, Focused Attention, Interactivity, Involvement; Playfullnes, Skill, Telepresence, Time Distortion dan Positive Affect. Responden penelitian ini adalah pengguna internet yang pemah mengakses situs plasa. com.
Melalui uji validitas konstruk salah satu variabel yaitu variabel Focused Attention harus dihapus. Deugan menggunakan uji-t terhadap kesepuluh variabel yang tersisa didapatkan lima variabel yang signifikan (variabel Arousal, fnteractivity, Involvement, Time Distortion dan Positive Affect" dan lima variabel yang tidak: signifikan (variabel Challenge, Control, PlayfUlness, Skill, dan Telepresence). Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah pengguna internet akan mengakses ulang situs piasacom. Agar pengalaman mengakses situs dapat berada pada nilai maksimal maka perlu diperhatikan melalui beberapa variabel yaitu, Arousal, Interactivity dan Involvement
VI
Actions (login required)
|
View Item |