PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PERILAKU INDIVIDU ORGANISASI DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI-STUDI KASUS)

MARTIYONO DWI SASONGKO, 049822339 E (2004) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PERILAKU INDIVIDU ORGANISASI DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI-STUDI KASUS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 196-04 Sas p.pdf

Download (115kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem akuntansi yang baik salah satunya ditandai dengan terbentuknya suatu sistem pengendalian intern yang baik pula. Mutu informasi yang dihasilkan akan tergantung pada kualitas sistem pengendalian intern yang dilaksanakan perusahaan tersebut. Informasi yang memadai akan dapat mempengaruhi individu-individu perusahaan, yaitu sebagai penilaian atau evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan di masa lalu dan untuk mempersiapkan atau merencanakan kegiatan-kegiatan yang hendak dilaksanakan di masa datang secara lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian studi kasus. Mengamati dan menilai keefektifan elemen-elemen utama (empat elemenlunsur utama) dari sistem pengendalian intern yang diterapkan dan menganalisa ba:gaimana hal tersebut dapat mempengaruhi perilaku-perilaku individu anggota organisasi tersebut, baik karyawan maupun manajer. Kesimpulan yang diperoleh yaitu bahwa penerapan adanya sistem pengendalian intern perusahaan yang dilakukan berdasarkan asumsi-asumsi yang dimiliki bagian akuntansi dan keuangan belum dijalankan secara komprehensif atau menyeluruh dengan melihat seluruh aspek yang ada dan dimiliki oleh masing-masing individu organisasi. Ada sebagian tujuan utama yang tidak tercapai yaitu efisiensi operasional perusahaan serta kurangnya dorongan dari individu organisasi untuk mematuhi kebijakan manajemen khususnya bagian akuntansi dan keuangan menyangkut keakuratan data informasi laporan keuangan sehingga kedua tujuan tersebut tidak menjadikan pertanggung jawaban atas isi yang ada dalam penyajian laporan keuangan, dan adapun keakuratan selama ini hanya terbatas pada pengertian akurat dari bukti transaksi yang andal dan transparansi informasi dari sumber atau data yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.S88 System analysis and System design
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
MARTIYONO DWI SASONGKO, 049822339 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 04 Dec 2016 18:04
Last Modified: 04 Dec 2016 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48047
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item