ANALISIS FAKTOR FAKTOR KUALITAS KEHIDUPAN KERJA YANG BERPENGARUH TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN PT. PETROKIMIA GRESIK (STUDI KASUS DI DEPARTEMEN PRODUKSI I)

HELMI BUYUNG AULIA SAFRIZAL, 049816197 (2004) ANALISIS FAKTOR FAKTOR KUALITAS KEHIDUPAN KERJA YANG BERPENGARUH TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN PT. PETROKIMIA GRESIK (STUDI KASUS DI DEPARTEMEN PRODUKSI I). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 239-04 Saf a.pdf

Download (539kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Petrokimia Gresik merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang produksi pupuk dan merupakan perusahaan pupuk kedua yang didirikan di Indonesia. Perusahaan ini menggunakan teknologi yang relatif maju untuk melakukan kegiatan produksinya serta memiliki sumber daya manusia yang banyak serta beragam untuk menunjang kegiatan operasionalnya, sehingga perusahaan perlu mengelola sumber daya manusia dengan baik dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor kualitas kehidupan keIja meliputi kompensasi, desain pekeIjaan, partisipasi dan keamanan keIja mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap komitmen organisasi karyawan departemen produksi I PT. Petrokimia Gresik. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis model regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 11.0 for Windows. Hasil analisis regresi tinier berganda diperoleh persamaan sebagai berikut : Y 0,915 + 0,211XI + 0,218X2+ 0,157X3 + 0,175X4 + ei Hasil Uji F dengan nilai F-hitung 13,536 > F-tabel = 2,59 berarti variabel kompensasi (xd, desain pekeIjaan (X2), partisipasi (X3) dan keamanan keIja ~) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap komitmen organisasi karyawan departemen produksi I PT. Petrokimia Gresik. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,557 berarti 55,7% dari perubahan nilai komitmen organisasi (Y) dipengaruhi oleh variabel kompensasi (Xl), desain pekeIjaan (X2), partisipasi (X3) dan keamanan keIja <X4), sedangkan 44,2% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain di luar empat variabel yang diamati. Sedangkan berdasarkan uji t, dengan nilai t hitung masing-masing variabel bebas yaitu : tXI = 2,925, tX2 = 2,779, tX3 2,389 dan tN = 2,569 lebih besar dari nitai t-tabel sebesar 2,0167 sehingga variabel bebas yang terdiri dari kompensasi (Xl), desain pekeIjaan (X2), partisipasi (X3) dan keamanan keIja (N) secara parsial mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap komitmen organisasi (Y) karyawan departemen produksi I PT. Petrokimia Gresik. Hasil analisis regresi juga menghasilkan koefisien korelasi parsial variabel bebas, yaitu : r Xl = 0,407, r X2 = 0,390, r X3 0,342 dan r N = 0,365. Dari hasil ini variabel kompensasi (Xl) menunjukkan nilai yang terbesar. Sehingga kompensasi menjadi faktor dominan yang berpengaruh terhadap komitmen organisasi karyawan departemen produksi I PT. Petrokimia Gresik. Dengan demikian bahwa faktor-faktor kualitas kehidupan keIja meliputi kompensasi, desain pekeIjaan, partisipasi dan keamanan keIja mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap komitmen organisasi karyawan departemen produksi I PT. Petrokimia Gresik terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 239-04 Saf a ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: ANALISIS FAKTOR FAKTOR KUALITAS KEHIDUPAN KERJA YANG BERPENGARUH TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN PT. PETROKIMIA GRESIK (STUDI KASUS DI DEPARTEMEN PRODUKSI I)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
HELMI BUYUNG AULIA SAFRIZAL, 049816197UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNURTJAHJA MOEGNI, Dra. Ec. Hj., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 04 Dec 2016 22:35
Last Modified: 04 Dec 2016 22:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48139
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item