WAHYU TRIMULYO PRAKOSO, 049615355
(2002)
MANAJEMEN BIAYA STRATEGIK MELALUI VALUE CHAIN ANALYSIS UNTUK MENCIPTAKAN KENGGULAN BERSAING (Studi Ka.. pads PT. "Surabaya Wire" di Bambe -Gresik).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Persaingan dan perubahan dalam dunia bisnis yang semakin ketat saat ini mendorong setiap perusahaan yang bersaing di dalamnya untuk memiliki suatu posisi keunggulan bersaing tertentu secara relatif terhadap para pesaingnya. Keunggulan bersaing yang dimiliki merupakan faktor penentu atas kelangsungan hidup dan pertumbuhan perusahaan. Dalam hal ini, keunggulan bersaing adalah suatu hal yang harus diusahakan oleh perusahaan dengan melihat kepada strategi penciptaan nilai yang didasarkan pada sumber daya, kapabilitas, dan kompetensi inti yang dimilikinya.
Untuk tujuan tersebut, Strategic Cost Management memberikan suatu kerangka berpikir dalam menempatkan analisis biaya dalam konteks yang lebih luas , dimana di dalamnya meIibatkan elemen-elemen strategik yang lebih jelas dan formal. Hal ini mengandung arti bahwa data-data biaya digunakan untuk mengembangkan suatu strategi yang superior, sebagai jalan untuk mencapai keunggulan kompetitif yang mampu bertahan lama. Dalam skripsi ini ketiga tema dalam SCM yaitu: value chain analysis, strategic positioning analysis, dan cost driver analysis, digunakan dalam melakukan analisis terhadap suatu subyek penelitian untuk menemukan keunggulan bersaingnya.
Actions (login required)
|
View Item |