ALIANSI STRATEGI (STUDI DESKRIPTIF TENTANG IMPLEMENTASI ALIANSI STRATEGI DALAM MENGATASI KETIADAAN IN HOUSE LAUNDRY DI HOTEL ELMI SURABAYA)

AKHMAD ARIEF MURTAZA (2004) ALIANSI STRATEGI (STUDI DESKRIPTIF TENTANG IMPLEMENTASI ALIANSI STRATEGI DALAM MENGATASI KETIADAAN IN HOUSE LAUNDRY DI HOTEL ELMI SURABAYA). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis pw 49-04 mur a.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari penjelasan yang telah disampaikan dan dibahas dalam bab sebelumnya, dapat diambil kesimpulan dari implementasi aliansi strategis yang dilakukan oleh pihak laundry ELMI Hotel Surabaya dengan pihak out side laundry dalam mengatasi ketiadaan in house laundry, dalam penerapannya masih belum maksimal. Sebelum mengadakan aliansi atau hubungan dengan pihak luar, sebaiknya diadakan dahulu pembentukan manajemen kedalam yang solid. Sedangkan pihak ELMI masih sedikit melupakan hal tersebut. Sehinggajika terjadi masalah dengan aliansi yang diadakan tidak akan saling menyalahkan. Hal inilah yang terjadi dalam manajemen ELMI. Di dalam penerapan aliansi atau hubungan dengan mitra bisnis dalam hal ini JW Marriott masih menemukan masalah atau hambatan yang seharusnya tidak muncul. Walaupun komitmen pada awalnya sudah terbentuk jika dalam peIjalanannya masing -masing pihak masih kurang memahami perannya akan menjadi masalah baru. Seleksi yang diadakan untuk menentukan mitra bisnis merupakan hal yang pokok. Karena dengan menjalankan aliansi dengan mitra yang baik diharapkan aliansi yang terjadi dapat berlangsung lama dan kedua belah pihak akan merasakan keuntungan bersama, hal ini merupakan tujuan utama dari aliansi. Dalam perjalanannya aliansi masih mendapatkan masalah atau hambatan. Komunikasi merupakan jalan yang ditempuh agar masalah yang ada tidak membuat keretakan dalam aliansi tersebut dan dapat segera dicari jalan keluar. Rapat rutin yang dilakukan kedua belah pihak baik dari laundry departemen dengan pihak room boy atau dengan pihak out side laundry menjadi jalan keluar dari masalah yang timbul.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.49/04 Mur a (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: laundry
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
AKHMAD ARIEF MURTAZANIM070010685-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 05 Dec 2016 20:22
Last Modified: 14 Dec 2016 17:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48331
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item