PENERAPAN STRATEGI KEUNGGULAN BIAYA DALAM MENINGKATKAN COMPETITIVE ADVANTAGE PERUSAHAAN PADA PT. RUKIT JAYA ARADI SURABAYA

AHMAD DJUNAIDI FANNI, 049615464 (2002) PENERAPAN STRATEGI KEUNGGULAN BIAYA DALAM MENINGKATKAN COMPETITIVE ADVANTAGE PERUSAHAAN PADA PT. RUKIT JAYA ARADI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 256-02 FAN P-EDT.pdf

Download (381kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ayaan (wealth-creating institution) bagi investomya. Agar tujuan tersebut dapat dicapai, diperlukan strategi manajemen untuk dapat menciptakan serta meningkatkan keunggulan bersaing (competitive advantage) perusahaan dibandingkan dengan para pesaingnya. Sebelum suatu strategi dipilih untuk menjadi strategi manajemen, manajemen perusahaan harus menyesuaikan strategi yang akan dipilih dengan Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Selain itu manajemen perusahaan harns mengadakan analisis-analisis terhadap lingkungan yang mempengaruhi perusahaan. Analisis yang dilakukan adalah Analisis Strenght, Weaknesses, Opportunity, and Treath (SWOT) dan Analisis Lima Kekuatan Persaingan (five forces model). Salah satu strategi manajemen yang dapat diterapkan dalam menciptakan serta meningkatkan competitive advantage perusahaan adalah Strategi Keunggulan Biaya (Low Cost Strategy atau Cost Leadership Strategy). Ide dasar dari strategi keunggulan biaya adalah agar perusahaan dapat menerapkan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan para pesaing, dan bertujuan untuk menguasai pasar. Strategi ini kebanyakan diterapkan pada proses manufaktur dalam suatu perusahaan. Strategi keunggulan biaya hams diterapkan dengan tanpa mengurangi kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan. PT. Bukit Jaya Abadi telah berhasiJ meningkatkan competitive advantage yang dimilikinya tanpa mengurangi kualitas produknya. Bahkan perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produk yang dihasilkan. Yang perlu diperhatikan oleh manajemen perusahaan yang menerapkan strategi keunggulan biaya sebagai strategi manajemennya adalah, selalu melakukan inovasiinovasi untuk dapat mengurangi resiko diterapkannya strategi keunggulan biaya sehingga strategi manajemen dapat memiliki daya tahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 256/02 Fan p
Uncontrolled Keywords: cost accounting
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD DJUNAIDI FANNI, 049615464UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantWiwik Supratiwi, Dra., Ak., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 05 Dec 2016 23:55
Last Modified: 05 Dec 2016 23:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48381
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item