PENGUKURAN KlNERJA KEUANGAN DAN NON KEUANGAN PADA PT COCA COLA AMATIL INDONESIA DISURABAYA

HAPPY RACHMA ARIYANTINI, 049912678 E (2004) PENGUKURAN KlNERJA KEUANGAN DAN NON KEUANGAN PADA PT COCA COLA AMATIL INDONESIA DISURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 240-04 Ari p.pdf

Download (513kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada era infonnasi saat ini serta menyongsong era pasar bebas yang secara fonnal abo kita masuki beberapa tabun lagi, mensyaratkan perusahaan dapat bersaing secara ketat dalam jaringan pemasaran global pada dunia bisnis. Perusahaan menggunakan kinerja keuangan sebagai tolok ukur tunggal untuk menilai keberhasilan bisnis pada setiap periode. Di satu sisi perusahaan di era infonnasi ini dituntut untuk mampu bersaing di dalam lingkungan yang cepat berubah. Ketidakmampuan tolok ukur kinerja keuangan untuk merefleksikan tuntutan keunggulan bersaing yang berkesinambungan memerlukan penggunaan Balanced. Scorecard sebagai alat penterjemah misi dan strategi. Sistem pengukuran kinerja yang hanya berfokus pada aspek keuangan dan mengabaikan aspek non keuangan abo menghasilkan perwujudan kinerja jangka pendek karena ukuran kinerja yang dihasilkan oleh sistem akuntansi dalam laporan keuangan berjangka pendek, hanya berumur satu tahun. Karena itu tolok ukur keuangan ini perIu dilengkapi dengan tolok ukur yang lain, yaitu tolok ukur operasional atau non keuangan. Balanced Scorecard sebagai suatu alat penterjemah misi dan strategi memberikan ukuran komprehensif kepada perusahaan yang tidak hanya dicurahkan kepada perspektif keuangan saja akan tetapi juga mencakup empat perspektif baik dari aspek finansial maupun non finansial yang meliputi keuangan, customer, proses bisnis internal serta pembelajaran dan bertumbuh. Di dalam penelitian ini penulis akan mengukur kinerja keuangan dan non keuangan PT Coca Cola Amatil Indonesia Di Surabaya dengan menghubungkan Balanced Scorecard sebagai alat penterjemah misi dan strategi yang dikemukabo oleh Kaplan dan Norton. Empat perspektif dalam Balanced Scorecard meliputi perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan bertumbuh abo menentukan ukuran yang komprehensif bagi perusahaan ini untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan begitu Balanced Scorecard dapat digunakan sebagai acuan untuk menjaga kinerja perusahaan secara keseluruhan dan akhirnya dapat menjaga eksistensi perusahaan dalam ruang lingkup bisnisnya sehingga tercipta daya saing yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 240-04 Ari a ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PENGUKURAN KlNERJA KEUANGAN DAN NON KEUANGAN PADA PT COCA COLA AMATIL INDONESIA DISURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HAPPY RACHMA ARIYANTINI, 049912678 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI ISWATI, Dr.Hj.,MSi,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Dec 2016 15:24
Last Modified: 06 Dec 2016 15:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48438
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item