PARATE EKSEKUSI DALAM UU NOMOR 4 TAHUN 1996 TENTANG HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH BESERTA BENDA-BENDA YANG BERKAITAN DENGAN TANAH

ARIS ARJANGGI PURBANDARU, 030014976 (2004) PARATE EKSEKUSI DALAM UU NOMOR 4 TAHUN 1996 TENTANG HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH BESERTA BENDA-BENDA YANG BERKAITAN DENGAN TANAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Per 98 -05 Pu pr(1).pdf

Download (360kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Parate cksekusi yang dimiliki oleh kreditor pemegang hak tangb'Ungan, temyata dala.'Tl petjanjian jaminannya, dibangun dengan konstruksi hukum berupa klausula perjanjian kuasa menjuaL Tetapi beberapa ketentuan Perjanjian Kuasa yang diatur dalam Buku III BW disimpangi, sehingga penyimpangan itu berakibat menghilangkan hakekat perjanjian kuasa itu sendiri, terutama saat pelaksanaan kuasa justru untuk menjamin kepentingan yang diberi kuasa (kreditor), bukan demi kepentingan yang memberi kuasa (debitor). Bentuk konstmksi seperti ini, sebenarnya sudah keluar dari jalur hakekat perjanjian pemberian kuasa. Sedang pengaturan parate eksekusi dalam UUHT sendiri kelihatan rancu, karena lebih mengesankan wewenang kreditor menjual lelang obyek Hak Tanggungan adalah "atas kekuasaan sendiri", tidak atas dasar kuasa yang diberikan oleh debitor sesuai petjanjiannya. Akibatnya pengaturan dan pembentukan konstruksi huklUn atas parate eksekusi kreditor pemegang Hak Tanggungan menjadi sangat rancu dan membingungkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Per 98 -05 Pup r
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB491 Civil law (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Creators:
CreatorsNIM
ARIS ARJANGGI PURBANDARU, 030014976UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. SOGAR SOMAMORA, S.H,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 08 Dec 2016 00:30
Last Modified: 12 Jun 2017 19:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48736
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item