ADITYA EKA IRJAYANTO, 049916423
(2004)
PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN PADA SERVICESCAPE
TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT
BERKUNJUNG KEMBALI PELANGGAN RESTORAN MANGO
TERRACE DI SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Kualitas jasa merupakan salah satu keunggulan bersaing potensial dalam pemasaran jasa untuk mencapai penjualan yang superior dan mencapai keuntungan. Jasa biasa diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan. Juga, karena jasa tidak berwujud, pelanggan akan meneari semua petunjuk yang berwujud untuk membantu mereka mengerti mengenai pengalaman jasa. Bukti kualitas jasa terdiri dari tiga bauran pemasaran jasa yaitu orang, proses, dan bukti fisiko Bagian dari bukti fisik adalah lingkungan dimana jasa diproses, dihantarkan, dan dikonsumsi disebut sebagai servicescape.
Persaingan antar restoran yang semakin ketat membuat restoran Mango Terrace berusaha untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya dengan memberikan suatu nilai tambah di mata konsumen, salah satunya adalah lewat servicescape. Persepsi pelanggan pada servicescape meliputi kondisi ambien, penataan fasilitas, kebersihan, desain interior, dan kenyamanan tempat duduk.Terciptanya kepuasan dari pelanggan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya menjadi harmonis, memberikan dasar yang lebih baik dalam pembelian ulang sehingga menguntungkan bagi perusahaan.
PeneJitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pelanggan atas kondisi ambien, penataan fasilitas, kebersihan, dekorasi interior dan kenyamanan tempat duduk terhadap kepuasan dan lebih lanjut pengaruh kepuasan pelanggan pada minat berkunjung kembali pelanggan restoran Mango Terrace di Surabaya.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis jalur dengan regresi linear berganda pada program SPSS 10.00 for Windows. Berdasarkan hasil analisis maka hipotesis penelitian pertama yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara persepsi pelanggan pada kondisi ambien, penataan fasilitas, kebersihan, desain interior, dan kenyamanan tempat duduk terhadap kepuasan pelanggan dapat diterima dan hipotesis penelitian kedua yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap minat pelanggan berkunjung kembali dapat diterima.
Actions (login required)
|
View Item |