PENGARUH FAKTOR·FAKTOR STRESSOR LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PRODUKSI PT. WARNA WARNI MEDIA DI SURABAYA

EDI SOFYAN (2003) PENGARUH FAKTOR·FAKTOR STRESSOR LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PRODUKSI PT. WARNA WARNI MEDIA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK B 201 03 Sof p.pdf

Download (779kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti Pengaruh faktor-faktor stressor lingkungan kerja terhadap prestasi kerja karyawan produksi PT. Warnawarni Media di Surabaya. Karyawan yang diteliti adalah karyawan bagian produksi yang berjumlah 86 orang. Penelitian ini dilakukan mengingat stres kerja yang terjadi di lingkungan keJja PT. Wamawami Media di Surabaya. Menurut Kartono (1985:98) Stres kerja timbul diakibatkan adanya ketidak seimbangan antara karakteristik kepribadian karyawan dengan tuntutan pekerjaan lingkungan, selain itu beban yang dirasakan terlalu berat dan sulit dilaksanakan akan menganggu individu yang pada akhinya menimbulkan stres kerja. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel stressor lingkungan kerja yaitu, variabel pekerjaan, peran di dalam pekerjaan, struktur dan iklim, perkembangan karir, hubungan antar individu. Sedangkan variabel tergantung yang digunakan adalah variabel terikat Prestasi Kerja (Y) yang diadaptasi dari Robbins (1996:259) yang terdiri dari Hasil Tugas Individual, Perilaku Kerjaan dan eiri Individu. Sedangkan teknik analisa yang digunakankan adalah teknik analisa regresi linier berganda dengan SPSS 10.0 for windows. Model persamaan regresi yang diperoleh dari perhitungan adalah : Y 0,758 + 0,212 Xl + 0,147 X2 + 0,197 X3 + 0,159 X4 + 0,154 Xs. Untuk melakukan pengujian variabel bebas secara parsial, akan digunakan teknik uji t (t-test). Pengujian pengaruh secara parsial dilambangkan dengan besamya koefisien uji t. Nilai t-hitung untuk Xl sebesar 6,506, X2 sebesar 3,499, X3 sebesar 4,265, X4 sebesar 3,989 dan Xs sebesar 3,529 mempunyai nilai lebih besar dari t-Tabel pada tingkat signifikansi dibawah 0,05 yaitu sebesar 1,991. lni berarti bahwa variabel bebas yaitu variabel pekerjaan, peran di dalam pekerjaan, struktur dan iklOO, perkembangan karir, hubungan antar individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu prestasi kerja (Y). Sedangkan untuk variabel bebas yang signifikan pengaruhnya terhadap faktor Y adalah faktor Pekerjaan (Xl). Hal ini dapat dilihat dari nilai t-hitung kelima variabel bebas, faktor pekerjaan mempunyai koefisien paling tinggi yaitu sebesar 6,506.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: prestasi kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
EDI SOFYANNIM040023597-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTIEN SOEMARTINI, Dra. Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 12 Dec 2016 23:22
Last Modified: 12 Dec 2016 23:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48999
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item