HETI WIDOWATI
(2002)
PENILAIAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN INDIKATOR NON KEUANGAN PADA ROOM DIVISION HOTEL "X" SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan usaha perhotelan dewasa ini cukup pesat, schingga menimbulkan persaingan yang ketal. Untuk menuju keunggulan bersaing serta untuk mencapai tujuan perusahaan baik jangka panjang maupun jangka pendek manajemen membutuhkan suatu pengukuran yang relevan dan memadai yang mampu mengukur kinerja perusahaan yang secara langsung berpengaruh pada kesuksesan perusahaan, Penilaian dengan indikator non keuangan akan memberikan infonnasi mengenai aktivitas operasional perusahaan yang akurat dan tepat waktu, Hotel "X" merupakan hotel berbintang empat ( ........ ) di Surabaya. Penilaian kineIja pada room division perlu dilakukan karena kegiatan operasional pada bagian ini mempunyai jenis, sifat dan ruang Jingkup pekeIjaan yang sangat luas, Dengan menggunakan ukuran non keuangan sebagai alat untuk menilai kineIja dapat diketahui apakah suatu pekerjaan sudab sesuai dengan yang direncanakan atau tidak dan dapat dilakukan tindakan perbaikan,
Penelitian im dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berawal dari adanya fak1:a, kemudian dilakukan observasi terhadap fukta tersebut, Penelitian ini mengunakan data-data perusahaan selama tabun 2001. Untuk teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahap antara lain menentukan dan mcngukur indikator non keuangan serta membandingkan kineTja dengan target atau standar yang ditetapkan. Ukuran-ukuran non keuangan yang digunakan diklasifikasikan menjadi 3 dirnensi yaitu dimensi efisiensi (tingkat hunian kamar, tum over interval, tingkat produktivitas roomboy, tum over employee), dimensi kualitas (tingkat komplain tamu, tingkat tamu yang kembali), dimensi waktu (rata-rata lama tinggal tamu, waktu pelayanan check in dan check out, waktu pelayanan pembersihan kamar).
Indikator-indikator non keuangan yang digunakan dalam memlai kinerja room division dapat disimpulkan babwa untuk dimensi efisiensi pihak hotel cukup efisien dalam memanfaatkan sumber daya, dimensi kualitas disini hotel cukup baik dalam memberikan pelayanan yang dililiat dari tingkat komplain tamu yang dapat dikatakan rendah sedangkan untuk dimensi waktu, rata-rata lama tinggal tamu cUkup lama, waktu pelayanan yang diberikan tamu cukup efektif. Dari ketiga dirnensi dalam indikator non keuangan ini dapat memberikan informasi yang dapat mendukung informasi keuangan perusahaan,
Actions (login required)
|
View Item |