ANALISIS TERHADAP FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI TURNOVER: Studi Deakriptif Mengenai Berbagai Faktor yang Oapat Mempengaruhi Keccenderungan Karyawan Untuk Berhenti dari Pekerjaannya

DELLA SETIAWAN, 119610064 (2000) ANALISIS TERHADAP FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI TURNOVER: Studi Deakriptif Mengenai Berbagai Faktor yang Oapat Mempengaruhi Keccenderungan Karyawan Untuk Berhenti dari Pekerjaannya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Psi 26-00.set a.pdf

Download (372kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab: Faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi kecenderungan turnover pekerja industri pengolahan ? Populasi yang digunakan adalah karyawan perusahaan catering, Soto Bangkong Co. dengan karakteristik : mempunyai masa keIja minimal I tahun, berstatus sebagai karyawan tetap. Dari jumlah populasi sebesar 157 orang ditetapkan sampel sebesar 50 orang. Faktor-faktor dalam penelitian ini diungkap dengan alat ukur bempa kuesioner. Melalui uji analisi butir, validitas item diukur dengan menggunakan teknik analisis produk momen dari Pearson. Dari 26 item yang mewakili 12 faktor yang diteliti, 26 item dinyatakan sahih dengan koefisien sebesar 0,279 (p=O,05). Sedangkan Reliabilitas yang diperoieh untuk p=O.05 adalah sebesar 0, 129. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor dengan Analisis Komponen Utama yang didapatkan melalui rotasi pada matriks loading factors. Adapun .perhitungannya menggunakan Statistic Program for Social Science (SPSS) for Windows versi 6.0. Hasil analisis faktor tersebut menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi kecenderungan peket:ia Soto Bangkong Co. untuk berhenti dari pekeIjaannya, yaitu faktor-faktor seperti Faktor Modalitas Karyawan (yang terdiri atas faktor tingkat pendidikan, aspirasi terhadap pekeIjaan dan sumber rekruitmen karyawan) dengan sumbangan variabilitas sebesar 19,643%. Kemudian Faktor Kepuasan Terhadap PekeIjaan (yang terdiri atas • kepuasan keIja , keikatan keIja dan tanggung jawab terhadap pekerjaan) dengan sumbangan variabilitas sebesar 15,904%. Fak10r Aspirasi Terhadap PekeIjaan (yang terdiri atas faktor aspirasi terhadap pekeIjaan, faktor kepuasan terhadap kondisi fisik kerja, dan usia) sebesar 12,903%. Faktor Harapan Bekerja di Tempat Lain ( terdiri atas fak1.or harapan bekeIja di tempat lain dan masa keIja) dengan sumbangan sebesar 10,860% terhadap variabilitas total dan Faktor Kepuasan terhadap Tekan SekeIja dengan sumbangan sebesar 8,649%. Kelima komponen utama tersebut menerangkan variabilitas sebesar 67, 969% dari variabilitas jawaban kuesioner. Dari deskripsi tersebut dapat diperoleh keterangan mengc:mai berbagai faktor yang mempengaruhi intensi turnover pada karyawan Soto Bangkong Co.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 26/00 Set a
Uncontrolled Keywords: LABOR TURNOVER
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7795-8027 Labor policy. Labor and the state
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
DELLA SETIAWAN, 119610064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFendy Suhariadi, Drs. , MTUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 19 Dec 2016 23:23
Last Modified: 07 Jun 2017 20:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49623
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item