ADITYA EKA PARAMASATYA, 040013301 (2007) PENGARUH STORE ATMOSPHERICS STIMULI TERHADAP EMOSI BERBELANJA KONSUMEN DI GERAI BREADTALK SURABAYA PLAZA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-paramasaty-4497-b5507-t.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-paramasaty-4497-.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Makin banyaknya perusahaan baru masuk kedalam industri, perkembangan teknologi, penyebaran informasi, konsumen yang dinamis; merupakan beberapa faktor yang membuat persaingan dalam industri semakin ketat. Bagi perusahaan perusahaan yang berorientasi pada pelanggan (customer oriented), maka mereka perlu menerapkan konsep pemasaran (marketing concept) agar perusahaan dapat cara efektif dan efisien melangsungkan usaha mereka. Perkembangan usaha pengecer (retalier) juga semakin pesat. Agar dapat sukses dalam persaingan, took/gerai retail juga perlu menerapkan konsep pemasaran. Hal ini tentunya dengan mempertimbangkan segmen pasar yang dituju dan karakteristik konsumen yang menjadi sasaran. Konsep pemasaran pada toko/gerai ritel salah satunya adalah perancangan toko yang meliputi perancangan lingkungan toko dan atmosfir toko. Perancangan tersebut perlu dilakukan oleh pihak manajemen diantaranya untuk dapat menarik konsumen, memicu pembelian oleh konsumen, menciptakan suasana tertentu yang kemudian dapat mempengaruhi emosi konsumen, dan untuk dapat mempengaruhi bagaimana konsumen berperilaku. Objek pada penelitian ini adalah gerai roti BreadTalk Surabaya Plaza, dimana objek tersebut menawarkan hal yang berbeda dari pesaing dan belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh daripada store atmospherics stimuli, yang terdiri dari variabel-variabel external (X1), general interior (X2), layout & design (X3), point-of-purchase & decoration (X4), liuman(X5), terhadap emosi berbelanja konsumen (Y) di gerai BreadTalk Surabaya Plaza. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linier berganda, dengan menggunakan program konputer SPSS 11.5 sebagai alat analisis. Dari analisis yang di lakukan, menghasilkan persamaan regresi berganda sebagai berikut: Y = -0.091 + 0.184 XI +0.353X2+0.318X3+0.219X4+0.168X5 Pembuktian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji F (uji simultan) dan uji t (uji parsial). Dari uji F diperoleh bahwa variabel-variabel store atmospherics stimuli secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap emosi berbelanja konsumen di gerai BreadTalk Surabaya Plaza. Dengan menggunakan uji t, variabel bebas yang terdiri dari variabel-variabel external (X1), general interior (X2), layout & design (X3), point-of-purchase & decoration (X4), Human (X5) masing-masing memberikan pengaruh yang signifikan pada emosi berbelanja konsumen (Y) di gerai BreadTalk Surabaya Plaza. Untuk mengetahui v ariabel bebas yang paling dominan berpengaruh pada emosi berbelanja konsumen, dapat diketahui dari nilai standarized coefficients beta yang paling besar, yaitu variabel general interior (X2) dengan nilai sebesar 0.353. Dengan demikian hipotesis d apat diterima kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.55/07 Par p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 02 May 2007 12:00 | ||||||
Last Modified: | 07 Jun 2017 23:37 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4982 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |