TRIANA RETNO HASTUTI, 079911038 T
(2002)
PERAN HUMAS DI PERPUSTAKAAN (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Pustakawan dan Pengguna Terhadap Peran Staf Promosi Sebagai Humas di Perpustakaan Universitas Kristen Petra).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian tentang Peran Humas di Perpustakaan ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pustakawan dan pengguna perpustakaan tentang pentingnya peran humas di lembaga perpustakaan. Humas merupakan alat penting dalam manajeman modem, tetapi tidak banyak ditemui di lembaga -lembaga perpustakaan. Peran humas penting dalam lembaga perpustakaan karena sebagai pusta informasi perpustakaan juga perlu memperkenalkan keberadaannya, fasilitas -fasilitas yang ada, serta program -program kerjanya kepada publik pengguna dan cal on pengguna. Namun karena posisi humas atau bagian promosi di perpustakaan kurang dimanfaatkan. dan bahkan sama sekali tidak ditempatkan keberadaannya, menyebabkan perpustakaan kurang dikenal oleh masyarakat Dan menjadikan perpustakaan kehilangan kepercayaan dari masyarakat. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik suatu kesimpilan sebagai berikut.
1. Persepsi pustakawan dan pengguna tentang peran humas atau bagian promosi di perpustakaan.
>- Humas atau bagian promosi sangat penting sebagai alat untuk menjembatani antara pengguna dengan perpustakaan. Dengan adanya humas I bagian promosi, pengguna menjadi lebih tahu informasi informasi ten tang perpustakaan ( kegiatan, program kerja, koleksi terbaru, dan sebagainya).
)-
Garis besar dari tugas, wewenang dan tanggungjawab bagian promosi
menurut job deskripsinya adalah : mengkoordinir
seluruh informasi
kegiatan yang ada di
perpustakaan untuk dipublikasikan, membuat
anggaran promosi, membuat perencanaan program kexja, mengkoordinir
pelaksanaansurvey survey
tentang kebutuhan pengguna. menjawab
kritik dan saran dari pengguna dan sebagai pelaksana dalam melakukan
kerjasama denagn unit/ fakultas maupun instansi di luar UK Petra
).
Persyaratan seorang praktisi humas setidaknya memenuhi persyaratan
antara lain : tingkat pendidikan yang cukup memadai, berwawasan luas,
kreative, komunikatif dan ramah.
2. Dalam rangka menarik minat pengguna dan mempertahankan image perpustakaan, hal -hal yang dikerjakan bagian promosi diantaranya adalah :
)- Aktif mengadakan kegiatan atau acara, serta membuat program program
kerja yang sifatnya mengajak. )-Mengusahakan pengadaan koleksi buku -buku bam setiap bulannya. Bekerjasama dengan pihak -pihak atau instansi di luar perpustakan
sebagai pendukung dana dalam pengadaan berbagai kegiatan. )-Membuka diri untuk kritik dan saran yang membangun perkembangan daan kemajuan perpustakaan.
3. Hasil kerja humas atau promosi pada dasamya bam separoh yang dicapai, karena perangkapan tugas menyebakan kerja kurang maksimal. Namun meskipun demikian perpustakaan UK Petra telah dipercaya oleh publik secara umum sebagai perpustakaan yang unggul dalam bidang teknologi, mutu koleksi dan sistem pelyanan yang memuaskan. Oleh karena itu perpustakaan tersebut selain dimanfaatkan pengguna dari sivitas akademika sendiri juga dimnfaatkan oleh pengguna dari luar, baik untuk keperluan belajar maupun penelitian.
Actions (login required)
|
View Item |