KEPEMIMPINAN POLITlK PEREMPUAN DALAM PANDANGAN ELIT PARTAI ISLAM (Studi Deskriptif Opini Elit Partai Islam di Surabaya Tentang Polemik Pencalonan Megawati Sebagai Presiden Ke-4 RI

DWI RUKlYAH, 079514775 (2000) KEPEMIMPINAN POLITlK PEREMPUAN DALAM PANDANGAN ELIT PARTAI ISLAM (Studi Deskriptif Opini Elit Partai Islam di Surabaya Tentang Polemik Pencalonan Megawati Sebagai Presiden Ke-4 RI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS P 07-01 RUK K 079514775.pdf

Download (320kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepemimpinan politik perempuan di era modernisasi ini ternyata masih merupakan hal yang baru, khususnya bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Islam sendiri telah melarang kepemimpinan perempuan jika masih ada laki-Iaki yang mampu, dan ini merupakan hal yang prinsipil, terlepas dari apakah ideologi tersebut bertemangan alau tidak, dengan kepentingan negara. Penelitian ini menyoroti tentang fenomena pencalonan Megawati sebagai presiden ke-4 RI, yang bagi sebagian partai Islam agak sulit diterima, terutama dalam kondisi saat ini, dimana isu gender tengah menjadi perbincangan. Permasalahan pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah pandangan partai-partai Islam tentang kepemimpinan politik perempuan, khususnya mengarah pada fenomena penealonan Megawati sebagai presiden ke-4 Rl. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan deskriptif tentang opini kaum muslim terhadap pro kontra pencalonan Megawati sebagai presiden ke-4 RJ, serta kaitannya dengan kesetaraan gender dan pelaksanaan hukum Islam di Indonesia. Kerangka pemikiran yang digunakan adalah kepemimpinan politik, gender, feminisme dan partai politik. Sedangkan metode penelitian dilakukan melalui teknik v.>awancara terhadap elit partai Islam , dengan dibantu studi kepustakaan. Selanjutnya data diolah melalui teknik analisa data kualitatif Dan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasi! bahwa sebagian besar elit partai Islam cenderung menolak kepemimpinan politik perempuan, meskipun hal ini tidak dinyatakan secara ekstrem. Mereka pada umumnya berpendapat bahwa pencalonan Megawati sebagai presiden ke-4 RI tidak terkait sarna sekali dengan upaya menuju kesetaraan gender, dan kurang tepat jika dikatakan sebagai suatu bentuk gerakan feminisme, sebab kepemimpinan Megawati pada kenyataannya cenderung menonjolkan kharisma semata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 07-01 Ruk k (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: KEPEMIMPINAN; POLITlK; PEREMPUAN; PARTAI ISLAM
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
DWI RUKlYAH, 079514775UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHaryadi, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Dec 2016 20:35
Last Modified: 14 Jun 2017 18:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50010
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item