ANALISIS POSITIONING MIE INSTAN SEDAAP ATAS ATRIBUT-ATRIBUT YANG DITAWARKAN BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI SURABAYA

AHMAD RISTIAN DIMYATI, 040123682 E (2008) ANALISIS POSITIONING MIE INSTAN SEDAAP ATAS ATRIBUT-ATRIBUT YANG DITAWARKAN BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-dimyatiahm-6006-b12105-t.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-dimyatiahm-6006-b12105.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegagalan atau keberhasilan suatu produk yang ditawarkan pada target pasar yang dipilih tergantung pada posisi produk tersebut dalam pasar (Walker, Boyd, Larrache, 1992:202), oleh karena itu positioning berghubungan erat dengan kesesuaian penerimaan suatu penawaran produk dengan pasar yang ditujunya. Positioning akan lebih penting apabila merek produk-produk yang bersaing tampak sama di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi Mie Sedaap dibandingkan pesaingnya yaitu Indomie, Sarimi, Supermi, Salamie, Gaga Mie, Mie ABC, Selera Rakyat Alhami berdasarkan persepsi konsumen mie terhadap atribut-atribut mie instan yang ditawarkan. Atribut tersebut meliputi keterkenalan merek, desain kemasan, kemudahan mendapat, varian rasa, harga mie dan iklan. Metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian digunakan dalam penelitian Validitas ukur menggunakan metode Pearson Product Moment sedangkan teknik Alpha Gronbach digunakan untuk menguji reliabilitas. Peta persepsi menggunakan dua dimensi melalui Muldimensional Scaling yang digunakan untuk menggambarkan posisi Mie Sedaap diantara pesaing-pesaingnya. Berdasarkan hasil MDS, kordinat stimulus Mie Sedaap terletak pada titik 0,9573 (d1) dan -0,4857 (d2). Mie Sedaap berada pada posisi empat untuk dimensi 1 dibawah Indomie, Sarimi, Supermi. Dan pada dimensi 2 Mie Sedaap berada di posisi Sembilan setelah Mie ABC, Gagamie, Indomie, Supermi, Alhami, Sarimi, Salamie, Selera Rakyat. Metode yang digunakan untuk mengetahui atribut dominan pada masing-masing dimensi adalah analisis regresi. Pada analsis ini, nilai atribut mie instan ditetapkan sebagai variabel dependen dan kordinat stimulus sebagai variabel independen. Hasil regresi menunjukkan bahwa Keterkenalan Merek dominan pada dimensi 1 (d1) dan atribut Varian Rasa dominan pads dimensi 2 (d2). Pesaing terdekat Mie Sedaap yang dipersepsikan konsumen mempunyai banyak kemiripan (similiraty) dengan Mie Sedaap adalah Sarimi, digunakan perhitungan jarak ekluidian. Perhitungan Euclidian Distance menunjukkan bahwa pesaing terdekat Mie Sedaap adalah Salamie dengan jarak euklidian 0,4674. kemudian diikuti Supermi (0,5891), Mie ABC (1,5791), Salamie (1,6894), Indomie (1,7735), Gagamie (2,1927), Selera Rakyat (2,4001) dan Alhami (2,9569).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.121/05 Dim a
Uncontrolled Keywords: POSITIONING (ADVERTISING); CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD RISTIAN DIMYATI, 040123682 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI GUNAWAN, Drs., M.Com., DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 09 Feb 2008 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 18:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5054
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item