Peran Bioteknologi Pakan Ternak Terhadap Pertambahan Berat Badan Sapi Sebagai Upaya Pemenuhan Konsumsi Daging Nasional: Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Makanan Ternak pada Fakultas Kedokteran Hewan Unair, di Surabaya pada Hari Sabtu Tanggal 10 Desember 2016

Mirni Lamid, Prof.,Dr.,drh.,M.P. (2016) Peran Bioteknologi Pakan Ternak Terhadap Pertambahan Berat Badan Sapi Sebagai Upaya Pemenuhan Konsumsi Daging Nasional: Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Makanan Ternak pada Fakultas Kedokteran Hewan Unair, di Surabaya pada Hari Sabtu Tanggal 10 Desember 2016. Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
Pidato_Prof Mirni_siap cetak.pdf

Download (663kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sektor peternakan memang sejak awal perkembangannya tumbuh dan berkembang karena merespons tingginya permintaan daging, telur, susu, dan produk berkualitas lainnya, suatu pergeseran sangat substansial dari pangan berbasis karbohidrat menjadi berbasis protein dan kandungan nutrisi tinggi. Ketersediaan daging sapi mempunyai kontribusi yang cukup besar terhadap kebutuhan konsumsi protein hewani penduduk Indonesia. Protein hewani memiliki manfaat yang cukup besar dalam membangun ketahanan pangan maupun menciptakan SDM yang sehat dan cerdas. UNICEF mengakui bahwa perbaikan gizi yang didasarkan pada pemenuhan kebutuhan protein memiliki kontribusi sekitar 50% dalam pertumbuhan ekonomi negaranegara maju. Protein dapat diperoleh dari hewan dan tumbuhtumbuhan. Kandungan gizi yang dimiliki protein hewani, baik telur maupun daging lebih tinggi dibandingkan makanan yang paling digemari masyarakat Indonesia, yaitu tempe dan tahu. Konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia, semakin hari semakin meningkat. Konsumen mulai memperhatikan kualitas protein hewani yang dikonsumsinya. Kualitas protein hewani sangat ditentukan oleh nutrisi pakan yang diberikan kepada ternak. Fungsi pakan menjadi sangat penting dalam memelihara kesehatan, daya tahan tubuh bagi ternak, sehingga ternak tumbuh sesuai dengan yang diharapkan. Produk pangan hewani umumnya berupa daging, susu, telur dan ikan yang sangat kaya protein. Protein ini juga sangat kaya asam amino esensial yang sangat sesuai dengan kebutuhan manusia.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PG.13-16 Lam p
Uncontrolled Keywords: Bioteknologi,Pakan Ternak, Berat Badan Sapi, Konsumsi Daging
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM
Mirni Lamid, Prof.,Dr.,drh.,M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Jan 2017 17:17
Last Modified: 12 Jul 2017 23:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50928
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item