COST-VOLUME.PROFITANALYSISDAIAM KONDISI IETIDAKPASTIAN SEBAGAI UPAYA MBMBANTU PERHITUNGAN TARGET HUNIAN KAMAR (STUDI KASUS PADA HOTEL "X" DI BALI)

NILUH MADE AYU WAHYUNI, 049916462 (2004) COST-VOLUME.PROFITANALYSISDAIAM KONDISI IETIDAKPASTIAN SEBAGAI UPAYA MBMBANTU PERHITUNGAN TARGET HUNIAN KAMAR (STUDI KASUS PADA HOTEL "X" DI BALI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 333-04 Wah c.pdf

Download (478kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perencanaan penjualan dan laba pent.ing dilakukan untuk memberikan tonggak dan ukuran daIam menjalankan usaha. Dalam kurun waktu lima tabun belakangan banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi perencanaan manajemen seperti terorisme, wahab penyakit dan kebijakan-kebijakan organisasi dunia dan negara-negara adidaya dimana kondisi tersebut berada di luar kontroJ manajemen. Indonesia khususnya Bali merupakan tenlpat kunjungan wisata yang sudah sangat terkenal dan tidak lepas dari pengaruh faktor-faktor tersebut Oleh karena itu industri pariwisata termasuk didalamnya industri perhotelan seharusnya lebih memperhatikan kondisi diluar perusahaan yang tidak menentu dengan menggunakan metode perencanaan yang mengikutsr.rtakan kond,si tersebut Cost-volume-profit Analysis merupakan metode analisa yang menyoroti pengaruh perubahan harga jual, biaya, dan volume penjualan pada kemampuan menghasilkan laba. Analisis ini membantu manajemen agar terfokus pada tujuan mendapatkan kombinasi yang paling mungkin terhadap harga jual, biaya variabel. biaya tetap, dan volume penjualan. Cost-volume-profit Analysis dalam kondisi ketidakpastian menyikapi kondisi-kondisi tidak menentu diluar kendali manajemen dengan memberikan masukan-masukan probabilitas atas berbagai kebijakan yang ada. Waka Gangga Resort yang terletak di Tabanan, Bali merupakan boutique resort yang memiliki keunikan tersendili yaitu menawarkan suasana mistis tradisional Bali kepada tamunya sehingga tidak hanya mendapatkan kenyamanan dalam menginap tetapi juga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru mengenai Bali dan kebudayaannya. Perencanaan penjualan dan laba resort ini amat sederhana dengan perhitungan titik impas dan target laba seadanya. Perhitungan titik impas menggunakan pemisahan biaya yang buta tanpa memperhatikan perilaku biaya sehingga hasilnya tidak dapat mewakili keadaan resort. Kesimpulan penulisan adalab Cost-volume-profit Analysis dalam kondisi ketidakpastian berguna dalam membantu manajemen merencanakan penjualan room division sebesar Rp.1.007.507.096 dengan mempertimbangkan peluang terjadinya penjualall sebesar 0.6950 atau 69.50%. Sedangkan dengan target laba room division Rp.292.213.265 harus mempertimbangkan altematif yang tersedia Peluang untuk mencapa laba minimal Rp.250.000.000 yang mendekati laba yang diharapkan dalam kisaran 68.71% untuk seluruh altematifyang ada

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 333 / 04 Wah c ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: COST-VOLUME.PROFITANALYSISDAIAM KONDISI IETIDAKPASTIAN SEBAGAI UPAYA MBMBANTU PERHITUNGAN TARGET HUNIAN KAMAR (STUDI KASUS PADA HOTEL "X" DI BALI)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NILUH MADE AYU WAHYUNI, 049916462UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEDI SUBYAKTO, Drs. ,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Jan 2017 17:10
Last Modified: 17 Jan 2017 17:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51228
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item