PELAPORAN BIAYA KUALITAS OALAM UPAYA MEMPERBAIKI DAN MENINGKATKAN KUALITAS PROOUK 01 PT. "X" SURABAVA

DODDY DARMA SETYAWAN, 049911806 E (2004) PELAPORAN BIAYA KUALITAS OALAM UPAYA MEMPERBAIKI DAN MENINGKATKAN KUALITAS PROOUK 01 PT. "X" SURABAVA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 335-04 Set p.pdf

Download (608kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan dalam lingkungan bisnis seperti meningkatnya kompetisi global, kecangginan teknologi infonnasi dan pemanufakturan, lebih memfokuskan pada pelanggan, bentuk baru organisasi manajemen, serta perubahan sosial politik dan lingkungan budaya, dimanfaatkan oleh lingkungan dunia usaha bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang banyak. Untuk itu perusahaan harus memperbaiki posisi persaingannya dengan memiliki keunggulan bersaing agar pertumbuhan perusahaan berlanjut dan memperoleh Iaba yang tinggi. Strategi peningkatan kualitas prod uk bescrta pengendalian terhadap biaya kualitas dilakukan dengan melaporkan dan mer.gannlisis biaya kualitas produk tersebut Dalam melaksanakan pe1aporan terhadap biaya kualitl.".s tersebut diperlukan kartu scoring biaya mutu (Quality CoSI ,c..,'core ('{1rd), schingga kinerja dapat diukur dan tindakan~tindakan koreksi dapat dilakukan. Dalam penelitian ini dibahas tentang "Pelaporan Biaya Kualitas Dalam Upaya Mempercaiki Dan Meningkatkan Kualitas Produk Di PI. "X" Surabaya". PI. PERTAMINA Surabaya selama ini belum mengadakan Kartu Biaya Kualitas sehingga pelaporan biaya kualitas bcserta analisis biaya kualitas belum dapat dilaksanakan. selain itu PI. PERTAMINA juga belum melakukan pengukuran dan pelaporan biaya kualitas secara terpisah, sehingga mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi dan mengklasiftkasikan biaya-biaya kualitas. Permasalahan yang diteliti daJam penelitian ini adalah "Bagaimana pelaporan biaya kualitas dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk di PI. "X" Surabaya". Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Berdasarkan laporan biaya~biaya yang diperoleh penulis, maka biaya-biaya kualitas tersehut dapat diidentifikasi dan diklasifikasikan, kemudian dapat disusun dan dibuat kartu biaya kual itas «(Jualtty C()sl ,,)'core Card) masing-masing kategori biaye kuaJita~ untuk memudahkan dalam menganalisis kinerja kualitas yang me1iputi keempat kategori tersebut, kartu biaya kualitas / mutu dari PI. "X" Surabaya untuk lTlasa tiga !ahun terakhir yang sudah diolah penulis meliputi tahun 2000, 200 I, dan 2002. DElri scmua itu diperoleh hasil bahwa biaya kualitas yang dikeluarkan oleh VI' pun AMIN,\ Surahava Illcllgalami kenaikan dari talllln ketahun yuill! sehesar l<p 56.334.l)1l1l)77,00 pada lahun 2000, Rp 6 1.046.035.772,00 pada tahun 200 I, serta pada tahun 10m sebesar Rp 69.1.14.844.373,00. Jika total biaya kualitas ini dibandin~kan dengan penjualan aktual yang bersangkutan adalah sebesar 3,00% untuk rahlm 2000, untuk tahun 2001 sebesar 2,78%, dan menjadi 3,46% pada tahun 2002. D<lri hasil peluporan biaya kualilas terscbut, pihak manajenwn perlu l1lengendalikan tingkat biaya kualitas total yang dikeluarkan oleh perusahaan seiring dengan relaksanaan pcningkatan kuulitusnvu. Penlilis mcnyarankan agar VI ADLN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SKRIPSI PELAPORAN BIAYA KUALITAS ... DODDY DARMA SETIAWAN PT. [JERTA MINA Surabaya sebaiknya memulai melaporkan biaya kualitas dengan melakuka!l pe'1gukuran dan menganalisis terhadap biaya kualitas agar dapat diketahui besarnya biaya kualitas yang telah dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan adanya kegiatan tersebut perusahaan dapat mengendalikan kualitas Pfoduk dan memantau hasil yang telah dicapai dari tahun ketahun serta sebagai dasar dalam pengambilan tindakan-tindakan yang dianggap perlu. Dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah percsahaan mengadakan suatu pelatihan dan pendidikan bagi seluruh karyawannya secC!ra bergilmm untuk meningkatkan kemampuan dan skill para karyawannya dalam beroperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 335 / 04 Set p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PELAPORAN BIAYA KUALITAS OALAM UPAYA MEMPERBAIKI DAN MENINGKATKAN KUALITAS PROOUK 01 PT. "X" SURABAVA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DODDY DARMA SETYAWAN, 049911806 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDIAN AGUSTIA, Dra. , M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Jan 2017 17:19
Last Modified: 17 Jan 2017 17:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51231
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item