PENINGKATAN PERAN SALES AND MARKETING DEPARTMENT HOTEL (Studi mengenai tugas dan fungsi sales and marketing hotel majapahit dalam menaikkan tingkat hunian kamar)

IKE DYAH PRANAYA (1999) PENINGKATAN PERAN SALES AND MARKETING DEPARTMENT HOTEL (Studi mengenai tugas dan fungsi sales and marketing hotel majapahit dalam menaikkan tingkat hunian kamar). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS PW 50-99 PRA P.pdf

Download (727kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Oi dalam situasi persaingan yang semakin ketat dewasa ini peran pemasaran sebagai salah satu ujung tombak perusahaan semakin mendapat porsi yang utama. Di dalam hotel yang berfungsi sebagal pemasar produk hotel yaitu Sales and Marketing Department. Peran dari Sales and Marketing Department sangatlah penting untuk meningkatkan pendapatan hotel. Menurunnya laju pertumbuhan penjualan mengakibatkan kelebihan fasilitas dalam industri. Dalam Industri Perhotelan, meningkatnya jumlah penawaran kamar akan meningkatkan persaingan. Dampak yang timbul kemudian adalah munculnya perang tarif, persaingan layanan dan turunnya omset atau tingkat hunian. Apalagi dengan keadaan krisis ekonomi sekarang ini, Industri Perhotelan mengalami penurunan tingkat hunian kamar yang sangat tajam. Oleh karena itu para staff sales and marketing department harus menjalankan tugasnya secara maksimal. Diperlukan beberapa strategi pemasaran dalam rangka meningkatkan tingkat hunian kamar. Untuk itu dalam penelitian ini penulis menggunakan teori -teori dari Philip Kotler, E. Jerome McCarthy, Henry Assael dan William J. Stanton. Sedangkan metode penelitian penulis menggunakan tehnik analisa data kualitatif yaitu dengan menganalisa dan menguraikan secara desknptif kualitas dan vanabel yang diteliti sesuai dengan kondisi yang sebenamya. Untuk memudahkan sales and marketing department dalam melaksanakan kegiatan pemasarannys. sebaiknya melakukan perluasan kerja sama guna meningkatkan pendapatan, kegiatan promosi dan penghematan. Sales and Marketing department dapat menjalin kerja sama dengan Travel Agent, Media Radio, Media Cetak ataupun dengan media T elevisi. Selain itu pihak hotel juga dapat merencanakan program khusus untuk menunjang kegiatan promosi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis PW 50/99 Pra p
Uncontrolled Keywords: HOTELS, MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
IKE DYAH PRANAYANIM079610207-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDENY ARNOS KWARY, SS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Jan 2017 19:36
Last Modified: 12 Jun 2017 20:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51359
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item