PENGARUH KARAKTER, JIWA DAN SEMANGAT TOKOH UTAMA TERHADAP TOKOH-TOKOR LAIN DALAM NOVEL MENCOBAH TIDAK MENYERAH KARYA YUDHISTIRA ANM MASSARDI

GUNAWANTI ARMADANI, 079414483 (2003) PENGARUH KARAKTER, JIWA DAN SEMANGAT TOKOH UTAMA TERHADAP TOKOH-TOKOR LAIN DALAM NOVEL MENCOBAH TIDAK MENYERAH KARYA YUDHISTIRA ANM MASSARDI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk FS BI arm p.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini, permasalaban yang dimunculkan ada dua hal, pertama tentang karakter, jiwa, dan semangat tokoh utama kemudian yang kedua tentang pengaruh karakter, jiwa, dan semangat tokoh utama terhadap tokoh-tokoh lain dalam novel Mencoba Tidal Menyerah. Adapun tujuan penelitian ini secara teoritis, mengungkapkan karakter. jiwa, dan semangat tokoh utama terhadap tokoh-tokoh pendukung lain. 8ecara praktis penelitian ini bertujuan agar pembaca lebih mudah memabami dan memberi gambaran babwa ilmu pengetabuan di luar ilmu sastrajuga berperanan dalam kemajuan sastra, khususnya sastra Indonesia. Metode atau cara analisis dari penelitian ini adalab studi pustaka, karena sumber yang digunakan adalah sebuab karya sastra. Setelah obyek penelitian ditetapkan, pencarian atau penelusuran data pendukung lain mulai dikumpulkan, kemudia"data tersebut dianalisis sesuai dengan permasalahan. Penelitian ini menggunakan dua teori untuk analisis data, pertama teori tentang tokoh dan kedua adalah teon psikologi analisis. Kbusus untuk teon psikologi analisis yang digunakan adalah teori dari Carl Gustav Jung. \ Dari penelitian ini disimpulkan bahwa tokoh utama memiliki karakter mudah larot dalam perasaan, rajin membaca, tidak menyukai pekerjaan kasar, sering mengalami kegelisahan dan serba ingin tabu tentang berbagai masalah meskipun di luar jangkauan. Akan tetapi, prinsip tokoh utama cukup kuat, yaitu keyakinannya tentang keberadaan Tuhan. Dari sisi jiwa tokoh, penelitian ini menemukan beberapa hal yaitu, kejiwaan tokoh utama juga mampu mempengaruhi tokoh-tokoh pendukung lain. Semangat yang dimiliki oleh tokoh utama sangat dipengarubi oleh alam sadamya. Dari karakter, jiwa, dan semangat tersebut tokoh utama banyak membangldtkan semangat tokoh-tokoh lain untuk: tetap bertaban. mencoba tidak meyerab terhadap hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: KARAKTER JIWA, LITERATURE
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
GUNAWANTI ARMADANI, 079414483UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIDA NURUL CHASANAH, S.S M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 18 Jan 2017 19:52
Last Modified: 18 Jan 2017 19:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51366
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item