Imelda Barus, 049615191
(2002)
Pengukuran Kinerja Dengan Balanced Scorecard Pada PT Asuransi Jasa Raharja Putera Jawa Timur.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Dalam lingkungan yang semakin kompetitif, ukuran kinerja yang selama Ini dikaitkan dengan kinerja keuangan perusahaan sl/dah tidak cukup untuk menuntun dan mengevall/asi perusabaan. Perusabaan memerlukan suatu pengukuran kinerja yang mampu memberlkan gambaran tentaug keadaan perosahaan seeara menyelurub dan dapat menuntun perusahaan untuk senantiasa memperbaiki kinerjanya steara berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan daya saing.
Balanced Scorecard merupakan seperangkat tlllllk ukur yang menawarkan kesimbangan antara tIllllk ukur keuangan dan tlllllk l/kur nlln keuangan berdasarkan misi dan strateg! perusabaan. Balanced Scorecard menterjemahkan misi dan strategi perusahaan ke dalam tujuan Ilperasillnal dan ukuran kinerja, yang memungkinkan perusabaan untuk melibat perusahaan melalui empat perspektif. yaitu: perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif belajar dan pertumbuban, gerta perspektif keuangan sebagai tujuan akhirnya.
Tujuan dan pengukuran kinerja dalam Balanced Scorecard bukan hanya penggabungan dari tIllllk ukur. tolllk l/kl/r nlln keuangan, melainkan merupakan hasll dari suatu proses top-dQwn berdasarkan mis! dan strategi perusahaan. Misi dan strategi tersebut barus diterjemahkan ke dslam tujuan operasional dan ukuran ldncrja yang lebib nyata, sehingga memampukan selurub tingkatan organisasi untuk bel.crja secus terarah pada pencapaian tujuan perosahaan.
Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard.
Actions (login required)
|
View Item |