TAMAN KANAK-KANAK/TAMAN PENDIDIKAN Al-QUR'AN SEBAGAI ALTERNATIF TEMPAT PENDIDIKAN AGAMA SELAIN INSTITUSI KELUARGA

NINNA DESTIANA, 079313866 (1998) TAMAN KANAK-KANAK/TAMAN PENDIDIKAN Al-QUR'AN SEBAGAI ALTERNATIF TEMPAT PENDIDIKAN AGAMA SELAIN INSTITUSI KELUARGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS S 342-98 DES T.pdf

Download (727kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian 101 berusaba untuk melihat aJasan apa yang melatarbelakangi orangtua memilih TPA sebagai tempat pendidikan agama anak-anaknya dan apakah TPA mampu menjadi altematif tempat pendidikan agama seJain institusi keluarga. TPA Al-Muhajirin Surabaya yang beralamat di Pondok Maritim Indah blok IT Kebraon II Surabaya digunakan sebaga! lokasi penelitian. Di TPA ini tereatat 200 murid (santri) yang berasal dad 112 keluarga. Pengambilan sampel didahului dengan pembuatan kerangka sampling, yang kemudian diundi untuk mengambil 100 orangrua untuk dijadikan sampel penelitian. Penelitian 101 menggunakan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data diJakukan me1alui wawancara dengan menggunakan kuesioner, dan inventarisasi data tertulis. Analisis data diJakukan secara kualitatif, yang ditunjang data kuantitatif berupa penyajian tabel-tabel persentase. Kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini adaJah sebagai berikut : 1. Alasan utama orangtua memasukkan anaknya ke TPA adalah agar anak mendapatkan pendidikan agama yang 1ebih bait (95% responden mengatakan demikian), 3% mengatakan karena belajar di TPA sudah merupakan kebiasaan turun temurun dalam keluarga mereka, sedang sisanya (2%) karena orangtua mengikuti keinginan anak. 2. TPA dapat dijadikan sebagai alternatif tempat pendidikan agama selain institusi keluarga, karena lebih mengena pada sasaran, disebabkan mena terpusat di suatu tempat daJam lingkungan keeH yang dekat rumah, cara mengajar 1ebih tepatlcepat dan buku bacaan atau pelajarannya relatif mudah diserap o1eh anak-anak. Di samping itu, penye1enggaraan TPA yang sesudah jam sekolah, membuat anak dapat 1ebih memahami tentang pendidikan agama dan menambah keimanan anak serta ketaqwaan, tanpa mengganggu sekoJahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 342/98 Des t
Uncontrolled Keywords: KINDERGARTEN, RELIGIOUS EDUCATION, FAMILY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1108.2-1108.7 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1141-1489 Kindergarten
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
NINNA DESTIANA, 079313866UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUdji Asiyah, Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 23 Jan 2017 19:41
Last Modified: 16 Jun 2017 18:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51666
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item