Arianti, 049815908
(2003)
Penerapan Target Costing Dengan Value Engineering Untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Pada PT. "X" Di Surabaya.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Kondisi persaingan yang semakin kompetitif saat ini dan arus informasi yang semakin cepat memaksa perusahaan untuk selalu mempelajari perubahan-perubahan yang tcrjadi di pasar agar dapat bcrtahall bahkall mcmimpill pcrsaingan tcrscbut. Perusahaan harus mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, karena konsumen sekarang ini semakin pandai dan semakin selektif da/am memilih produk yang mereka butuhkan.
Target costing merupakan alat yang secara langsung muncul dari adanya persaingan pasar yang ketat dalarn industri. Dengan target costing dapat ditentukan biaya target (target cost), yang diperoleh dari harga pasar yang berlaku dikurangi dengan laba yang diinginkan, dan sering disebut price-driven costing yaitu harga yang menentukan biaya. Untuk mencapai target cost perusahaan dapat menggunakan value engineering yaitu proses dimana cross-functional t~am berusaha untuk mengurangi biaya-biaya selama tahap desain dan sebelum tahap produksi tanpa mengurangi kualitas dan fungsi dengan melakukan proses yang optimal, bahanbahan, dan peralatan yang dibutuhkan untuk produksi.
Produk PT. "X" yaitu sandal Bunga merupakan produk yang mcnghadapi persaingan yang sangat ketat saat ini. Sandal Bunga tahun 2002 dijual dipasar dengan harga Rp.3.500,00 sedangkan produk pesaing dijual dengan harga Rp.3.000,00. Oleh karena itu PT. "X" membutuhkan alat yang dapat menekan biayanya, salah satunya yaitu largel cosling yang didukung value engineering. Dari proses largel costing diperoleh target cost sebesar Rp.l.200,00 sedangkan biaya aktua/ tahun 2002 ada/ah Rp.l.400,00. Untuk mencapai target cost perusahaan melakukan value engineering dengan mengeliminasi aktivitas yang tidak bemilai tam bah dalum proses produksi dan melakukan rekayasa tcrhadap komposisi bahan baku yang digunakan, hingga perusahaan mampu mencapai largel cosl bahkan melampauinya yaitu sebesar Rp. I. 170,00. Dengan demikian perusahaan dapat menurunkan harga ecerannya sarna bahkan bisa lebih rendah dari pesaingnya.
Kata kunci: target cosling, largel cosl, value engincering, nonvalue-addcd aclivily.
Actions (login required)
|
View Item |