PENERAPAN COMPLIANCE TEST TERHADAP SIKLUS PENDAPATAN DALAM MENILAI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN ( KASUS PADA PT. TIRTA BAHAGIA SURABAYA )

BAYU SARJONO, 040137354 (2003) PENERAPAN COMPLIANCE TEST TERHADAP SIKLUS PENDAPATAN DALAM MENILAI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN ( KASUS PADA PT. TIRTA BAHAGIA SURABAYA ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KK A 130 04 Sar p 040137354.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi dengan judu! " PENERAPAN COMPLlANCH TEST TERHADAP SIKLUS PENOAPATAN OALAM MENILAI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN (KASUS PADA PT. TIRTA BAHAGIA SURABA YA)" ini membahas tentang pengujian kepatuhan yang dilakukan untuk menemukan kelemahan-kelemahan yang terjadi sehingga menghasilkan rekomendasi yang dapat meningkatkan efektivitas pengendalian internal. Pengendalian internal yang baik harus bisa memenuhi tujuannya, yaitu keandalan laporan keuangan, kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku, dan efektivitas dan efisiensi operasi. Siklus pendapatan mencakup aktivitas penjualan baik secara tunai maupun kredit, retur penjualan, pencadangan kerugian piutang dan penghapusan piutang. Aktivitas dalam siklus pendapatan sangat penting karena menyangkut arus distribusi produk perusahaan dan merupakan aktivitas yang langsung berhubungan dengan pelanggan/konsumen. Untuk memperoleh kepastian lentang kebijakan, prosedur, dan teknik pengendalian yang saling b~rkaitan dengan siklus pendapatan maka digunakan compliance lest. , Compliance test yang dilaksanakan pada PT. Tirta Bahagia Surabaya untuk memastikan bahwa semua aktivitas yang terkait dalam siklus pendapatan telah sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang telah digariskan manajemen dan hasilnya akan digunakan untuk menilai efektivitas pengi~ndalian intern yang berlaku di PT. Tirta I3ahagia Surabaya itu sendiri. Dalam penelitian inl, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, karena hanya dilakukan dan berhku di PT. Tirta Bahagia Surabaya. Penelitian dilakukan dengan wawancara, penyebaran kuesioner kepada pihak-pihak yang terlibat, dan turut berperan serta dalam pengumpulan data sehingga peneliti tidak salamanya berada di luar objek. Oalam penelitian yang dilakukan pencliti pada produsen air minurn dalam kemasan (AMDK) dengan merk "CLUB", peneliti melakukan pengujian kepatuhan dengan terlebih dahulu memperoleh pemahaman pengendalian intern dengan menggunakan kucsioner. Setelah itli peneliti melakukan pengujian selanjutnya yaitu dengan mengamati prosedur yang telah ditetapkan oleh manajemen dengan pelaksanaannya di lapangan. Hasil wawancara dan penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa pengendalian intern PT. Tirta Bahagia Surabaya dalam siklus pendapatan cukup baik dan dapat diandalkan. Efektivitas pengendalian intern terhadap siklus pendapatan pada PT. Tirta Bahe,gia Surabaya diuji dengan menggunakan Stop-or~ Go Sampling. Dari hasil uji kepatuhan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengendalian intern sudah dilaksanakan secara efektif dengan. melakukan perbaikan-perbaikan pada aspek tertentu, seperti setiap dokumen harus diotorisasi oleh pihak yang berwenang dan dilaksanakan oleh lebih dari satu orang hal jni untuk menciptakan internal kontrol yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 130 04 Sar p (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: COMPLIANCE TEST; SIKLUS PENDAPATAN; EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
BAYU SARJONO, 040137354UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksmana, Prof. Dr., SE., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Jan 2017 19:49
Last Modified: 29 Jan 2017 19:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52031
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item