PENERAPAN ACTIVITY-BASED MANAGEMENT DALAM MENCIPTAKAN CUSTOMER VALUE PADA PT "X" DI SIDOARJO

MULIYADI, 049615457 (2001) PENERAPAN ACTIVITY-BASED MANAGEMENT DALAM MENCIPTAKAN CUSTOMER VALUE PADA PT "X" DI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK A 132-02 MUL P 049615457.pdf

Download (357kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan dan perubahan lingkungan yang semakin dinamis menuntut perusahaan untuk mampu menyesuaikan diri. Konsumen semakin peduli terhadap pemenuhan kebutuhan mereka dan nHai yang mereka peroleh dati produk dan jasa yang dibeli dati produsen sehingga faktor waktu, kualitas dan biaya merupakan bagian yang penting untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Kondisi ini menuntut manajemen perusahaan untuk memperhatikan aktivitas yang digunakan oleh perusahaan dalam menghasilkan nilai bagi konsumen. Activity-Based Management memfokuskan perhatian manajemen pada aktivitas-aktivitas dengan tujuan untuk meningkatkan customer value dan menghasilkan laba. ABM terdiri dati 2 dimensi. Dimensi yang pertama adalah dimensi yang berusaha menyajikan infonnasi mengenai aktivitas yang menimbulkan biaya melalui perhitungan dengan sistem Activity-Based Costing. Dengan penerapan perhitungan ABC, diharapkan perhitungan biaya produk akan semakin akurat karenaABC membebankan biaya overhead berdasarkan aktivitasaktivitas yang diserap oleh setiap produk bukan jumlah unit yang diproduksi. Selanjutnya dengan informasi biaya aktivitas ini, melalui dimensi proses dapat diidentifikasi dan dianalisis aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan proses produksi dan akan diperoieh real value-added activities, business value-added activities dan non value-added activities. Untuk aktivitas non value-added sebaiknya dieliminasi serungga biaya yang dibebankan ke produk akan berkurang. Sedangkan untuk aktivitas business valau-added dapat ditingkatkan efisiensinya. Dengan demikian melalui pengendalian aktivitas dapat mengurangi biaya. Tindakan manajemen terhadap aktivitas merupakan Iangkah untuk mengadakan perbaikan terus menerus dan meningkatkan customer value.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 132-02 MUL P (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: ACTIVITY-BASED MANAGEMENT; CUSTOMER VALUE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MULIYADI, 049615457UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Jan 2017 20:05
Last Modified: 18 Jun 2017 20:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52037
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item