ELOK UNTARI, 040913397 (2014) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA SEKTOR INDUSTRI MANUFAKTUR TAHUN 2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-untarielok-29433-4.abstr-i.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tanggung jawab perusahaan merupakan isu yang senantiasa disoroti oleh publik dewasa ini. Perusahaan tidak hanya diperhadapkan dengan tanggung jawab kepada pemegang sahamnya (shareholder) namun lebih daripada itu, dimana tanggung jawab perusahaan terjadi antara suatu perusahaan dengan semua pemangku kepentingan. Corporate Social Responsibility (CSR) muncul sebagai sebuah gagasan yang memberikan arti bahwa suatu perusahaan disamping menjalankan kegiatan operasionalnya harus memperhatikan kepentingan para stakeholdernya. Dengan adanya penerapan aktivitas CSR di dalam suatu perusahaan diharapkan perusahaaan akan memperoleh legitimasi sosial dan jika eksistensi suatu perusahaan sesuai dengan harapan stakeholder maka akan membawa dampak positif terhadap perusahaan dalam berbagai aspek, salah satu diantaranya pada aspek keuangan yaitu peningkatan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap profitabilitas perusahaan dalam sektor industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Edek Indonesia. Dalam menggunakan metode analisis regresi linear sederhana yang terdapat dalama program SPSS 13.0 (Statistical Program for Social Science). Uji t digunakan untuk menguji secara parsial pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Sumber data diperoleh dari data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan dari tahun 2010. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh signifikan antara pengungkapan CSR dengan profitabilitas yang diukur dari ROE, NPM, GPM tidak dapat diterima. Namun ditemukan hasil lain yaitu adanya pengaruh positif pengungkapan CSR terhadap profitabilitas yang diukur dari ROA, sehingga hipotesis yang menyatakan hal tersebut dapat diterimaa kebenarannya. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikansi sebesar 0.080 0.1 yang menunjukkan bahwa variabel bebas secara parsial berpengaruh terhadap ROA dengan nilai R square sebesar 0.030 (3%). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa suatu perusahaan yang melakukan aktivitas CSR dengan baik dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A. 261/13 Unt p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | SOCIAL RESPONSIBILITY OF BUSINESS; CORPORATE PROFITS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Bambang Husodo | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2014 12:00 | ||||||
Last Modified: | 02 Sep 2016 06:39 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5235 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |