DEWI SEKARWATI, 049515151
(2003)
PENGARUB FAKTOR - FAKTOR PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN BIDANG OPERASIONAL BANK "X" CABANG SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama maupun secara parsial faktor-faktor pengemhangan karier terhadap kepuasan kerja karyawan, serta untuk mengetahui pengaruh dominan dari fak1or-fak1or pengemhangan karier karier terhadap kepuasan kerja karyawan Bidang Operasional Bank "X" Cahang Surahaya.
Penelitian ini dilakukan mengingat pentingnya program pengemhangan karier hagi produktivitas perusahaan. Rohhins (1996: 254) menyatakan "program pengemhangan karier merupakan suatu cara hagi sehuah organisasi untuk mendukung atau meningkatkan produktivitas para karyawan dewasa ini, sementara sekaligus mempersiapkan mereka untuk dunia yang heruhah",
Dasar teori yang digunakan adalah teori Career Anchors dari Schein dalam DuBrin yang mengungkap pengemhangan karier melalui managerial competence, technical/functional competence, security, creativity, dan autonomy and independence. Sedangkan teori dari Davis dan Newstrom digunakan untuk mengungkap kepuasan kerja karyawan. Penelitian dilakukan dengan mengamhil sampel karyawan Bidang Operasional Bank "X" Cahang Surabaya.
Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan analisis rgresi linier herganda untuk meregresikan secara bersama-sama dan parsial antara variabel pengemhangan karier yang meliputi managerial competence, technical/functional competence, security, creativity, dan autonomy and independence sebagai variahel bebas dan kepuasan ketja karyawan sebagai variabel terikat. Model Regresi Linter Berganda pada penelitian ini adalah:
Y;::: -1,646+ 0,202 Xl + 0,410 Xz + 0,301 X3 + 0,264 x.. + 0,218 Xs
Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 10.00 for Windows, dari responden yang betjumlah 28 orang, diperoleh nilai Fhitung sehesar 36,993 dimana lebih hesar daripada nHai Ftal-,elnya yaitu sebesar 2,66. Sedangkan uji t masing-masing variabel mempunyai nilai trotting yang lebih besar dari ttabel sebesar 2,074. Selanjutnya dari hasil uji parsial diketahui bahwa managerial competence mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan ketja karyawan Bidang Operasional Bank '''X'' Cabang Surabaya, dengan nilai bela weight (Bi) sehesar 0,317.
Actions (login required)
|
View Item |