MEUTIA MEGA SYAHPUTRI, 111211132010 (2016) STRATEGI ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAK HOMESCHOOLING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (Abstrak)
Psi.135-16 Sya s Abstrak.pdf Download (725kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
||
Text (FULLTEXT)
fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Jumlah keluarga homeschooling semakin bertambah seiring adanya isu di masyarakat mengenai kurang berkembangnya sosialisasi pada anak homeschooling. Orangtua sebagai pengambil keputusan dan pendidik utama untuk menjalankan homeschooling berperan penting dalam berkembangnya keterampilan sosial anak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan mengungkapkan strategi orangtua dalam mengembangkan keterampilan sosial anak homeschooling, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan pengambilan data berupa wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah orangtua dari anak homeschooling. Fokus penelitian ini adalah strategi orangtua dalam mengembangkan keterampilan sosial anak homeschooling. Menurut Spence (2003), keterampilan sosial anak dipengaruhi secara luas oleh faktor lingkungan khususnya significant other, yakni orangtua. Orangtua memiliki peran yang penting untuk memberikan pemahaman mengenai permasalahan sosial (Brooks, 1999). Strategi orangtua merupakan upaya-upaya yang disusun oleh orangtua untuk suatu tujuan, yakni mengembangkan keterampilan sosial anak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya tiga strategi orangtua dalam mengembangkan keterampilan sosial anak homeschooling. Tiga strategi orangtua tersebut adalah persiapan, pelibatan, dan pengarahan. Ketiga strategi tersebut didapatkan dari 55 outline yang disintesakan. Kemudian outline tersebut dikelompokkan menjadi 10 cluster. Sehingga, akhirnya cluster tersebut dikategorisasikan menjadi 3 strategi. Kata kunci: strategi orangtua, keterampilan sosial, homeschooling
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Psi.135-16 Sya s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | strategi orangtua, keterampilan sosial, homeschooling | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2017 20:35 | ||||||
Last Modified: | 04 Jul 2017 18:32 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53041 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |