PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KOMITMEN PROFESI TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR: DENGAN DIGUNAKANNYA MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

DWIADI PRASTIAN HADI (2004) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KOMITMEN PROFESI TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR: DENGAN DIGUNAKANNYA MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 128.05 Had p.pdf

Download (427kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peranan komitmen terhadap organisasi dan komitmen terhadap profesi dapat menjadi gejala psikologis yang dialami oleh anggota organisasi yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dalam bekerja dan secara potensial bisa menurunkan motivasi kerja, padahal untuk mencapai suatu kepuasan kerja diperlukan keinginanimotivasi untuk dapat bekerja lebih baik dan maju agar dapat memenangkan persaingan di era globalisasi seperti saat ini. Jika faktor motivasi dapat menampung keinginan karyawan dan keinginan organisasi, maka sangat dimungkinkan tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik dan kepuasan kerja dapat terwujud. Sejalan dengan perumusan masalah tersebat diatas maka tujuan penelitian ini adalah: "Untuk meneliti dan menganalisis pengaruh Komitmen Organisasi dan Komitmen Profesi terhadap Kepuasan Kerja Auditor dengan Motivasi sebagai variabel intervening." Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis dan pendekatan kualitatif guna menjelasku:rr hasil perlriturrgmr yarrgdihrlrokarr. Varialret beb-as(independerrtvariable) dalam peneiitian ini terdiri dari dua, yaitu: komitmen organisasi (Xl) dan komitmen organisasi (X2) , variabel intervening: motivasi (X3). Variabel terikat dalam penelitian inc bempa kepuasan kelT.!. poprdase dalam penelitian inc adalah para akurrtan publik yang bekerja pada 55 (lima puluh lima) Kantor Akuntan Publik yang ada di Surabaya (Sesuai dengan data IAI) dan tidak dilretahoinyK set-"ard pa~ti jum:ta1r akuntarr ymIg bekerja pada kantor akuntan publik yang berada di Surabaya, maka masing -masing KAP diwakili 3 orang, sehinggajumlah populasinya 3 x 55 = 165. Semua variabel ek:sugen yaitu kornitmen organisasi dan komitmen profesi yang dikorelasikan dengan variabel motivasi (YI) memiliki pengaruh yang signif"tkan. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai t hitung untuk semua variabel yang lebih besar dan ndae t tabet SentmT v-dIiabet eksogerr ytrittr komitrrren orgarrisasi dmI kmrritnren profesi yang dikorelasikan dengan variabel kepuasan kerja (Y2) memiliki pengaruh yang signifikan. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai t hitung UTItuk semua variabel bebas yang lebih besar dari nilai t tabel. Motivasi berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja dengan besar pengaruh sebesar 40%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DWIADI PRASTIAN HADINIM049913011-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Iswati, Dr., SE., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Feb 2017 18:33
Last Modified: 22 Feb 2017 18:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53347
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item