PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

RAHMA FRIDA RATRI, NIM: 041211332036 (2016) PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII). Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 A 323_16 Rat p ABSTRAK.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 A 323_16 Rat p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam melaporkan informasi kinerja sosial dan lingkungannya. Pengungkapan tanggung jawab sosial dapat digunakan sebagai alat penghubung untuk melaporkan kinerja perusahaan kepada para stakeholders. Islamic Social Reporting (ISR) dapat menjadi alat bagi perusahaan, terutama bagi perusahaan syariah, untuk mewujudkan kontrak sosial yang ideal dalam menjaga hubungan antara perusahaan dengan stakeholders serta perusahaan dengan lingkungannya dalam konsep Islami sehingga sesuai dengan kebutuhan spiritual para pembuat keputusan Muslim. Penelitian ini menguji sejauh mana pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai variabel intervening mampu memediasi pengaruh kinerja keuangan yang diukur dengan ROA (Return on Assets) dan kinerja lingkungan yang diukur dengan indeks PROPER terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin’s Q. Subjek penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) pada periode pengamatan tahun 2012-2014. Terdapat enam puluh perusahaan yang diteliti yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling, serta teknik analisis yang digunakan yaitu dengan teknik path analysis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) kinerja keuangan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, (2) kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (3) kinerja keuangan berpengaruh positif terhadap pengungkapan ISR, (4) kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap pengungkapan ISR, (5) pengungkapan ISR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, (6) pengungkapan ISR mampu memediasi pengaruh antara kinerja keuangan dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 323/16 Rat p
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RAHMA FRIDA RATRI, NIM: 041211332036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantMurdiyati Dewi, Dra., M.Si., Ak., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 28 Feb 2017 00:30
Last Modified: 28 Feb 2017 00:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53667
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item