TINJAUAN ATAS IMPLEMENTASI SISTEM TRANSFORMASI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK MENUJU PAPERLESS DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SIDOARJO UTARA

RIZKA ERSA NURKUMALASARI, 041310113003 (2016) TINJAUAN ATAS IMPLEMENTASI SISTEM TRANSFORMASI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK MENUJU PAPERLESS DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SIDOARJO UTARA. Other thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.A.65 -16 Nur t abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV.A.65 -16 Nur t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

3.1. Kesimpulan Berdasarkan dari seluruh pemaparan dari bab yang telah diuraikan penulis, maka dapat diambil kesimpulan yaitu sebagai berikut: 1. Direktorat Jenderal Pajak telah melakukan transformasinya dengan baik, bahkan pencapaian yang didapatkan begitu pesat. Hal ini dapat terbukti dengan kenaikan jumlah pengguna sistem informasi DJP online 2. Sistem Pajak online seiring dengan penggunaannya, dalam hal ini DJP melakukan perbaikan sistem secara berkalasesuai dengan keluhan pengguna yang dirasa perlu untuk diperbaiki dan dilakukan perubahan, agar dapat memberikan layanan yang lebih baik dan lebih mudah dalam pengaplikasiannya. 3. Penggunaan sistem E-Registration, E-Billing dan E-Filling memiliki peranan penting dalam mensukseskan upaya transformasi DJP menuju paperless sehingga meminimalisir penggunaan kertas dan tidak terjadi antrian panjang di Kantor Pelayanan Pajak saat melakukan permohonan pendaftaran NPWP, pelaporan SPT Tahunan dan permintaan Surat Setoran Pajak untuk melakukan pembayaran pajak. 4. Beberapa golongan yang sudah diwajibkan menggunakan sistem pajak online pada tahun 2016 ini diantaranya adalah PNS, TNI, dan POLRI 3.2. Saran 3.2.1. Saran untuk Wajib Pajak 1. Akan lebih baik jika Wajib Pajak lebih memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh DJP yaitu fasilitas Pajak Online, karena lebih efektif dan efisien waktu. 2. Apabila Wajib Pajak pada saat melaksanakan kewajiban perpajakannya melalui sistem pajak online merasa kurang baik dan kurang terbantu dengan jalannya dan tampilan sistem yang telah disediakan, maka sebaiknya dapat memberikan laporan ke KPP terdekat. 3. Dalam pelaksanaan kewajiban perpajakannya lebih taat. Karena dengan adanya pelayanan sistem dan perbaikan sistem yang telah dilakukan tersebut sudah lebih memudahkan berlangsungnya proses perpajakan. 3.2.2. Saran untuk KPP Pratama Sidoarjo Utara 1. KPP Pratama Sidoarjo Utara diharapkan untuk lebih melakukan sosialisasi sistem pajak online yang menjaring masyarakat banyak, tidak hanya pada Wajib Pajak terdaftar saja tetapi juga pada kalangan masyarakat yang belum mendaftarkan diri menjadi Wajib Pajak. 2. Diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik dengan Universitas Airlangga untuk melakukan PKL di KPP Pratama Sidoarjo Utara. 3.2.3. Saran untuk Direktorat Jenderal Pajak 1. Dalam proses pencapaian upaya menuju modernisasi Direktorat Jenderal Pajak diharapkan untuk mengoptimalkan penggunaan sistem informasi yang berbasis sistem komputer

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 FV.A.65 -16 Nur t
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI SISTEM TRANSFORMASI, DIREKTORAT JENDERAL PAJAK, PAPERLESS DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SIDOARJO UTARA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKA ERSA NURKUMALASARI, 041310113003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorOkta Sindhu H., SE., Ak., BKP,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 06 Mar 2017 17:11
Last Modified: 06 Mar 2017 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53967
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item